Ciamis.[ bhayangkara news id ] Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis Polda Jabar melakukan penindakan terhadap kendaraan yang menggunakan knalpot tidak standar atau brong/bising. Penindakan ini dilakukan di kawasan Jalan Jenderal Sudirman Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Jumat (26/8/2022).

Kegiatan tersebut dibawah pimpinan Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Asep Iman Hermawan, SH., dan melibatkan belasan personel Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis. Sementara untun perwira pengendali lapangan dipimpin oleh Ipda Sony Santana selaku Kanit Turjawali Satlantas Polres Ciamis.

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Asep Iman Hermawan, SH., mengatakan, penindakan ini dilakukan dalam rangka untuk memberikan rasa nyaman masyarakat ataupun pengguna jalan lainnya. Mengingat penggunaan knalpot diluar standar atau brong mengganggu pengendara dan masyarakat.
"Hasil penindakan hari ini total ada 58 kendaraan berknalpot brong kami tindak dengan pemberian surat tilang. Dimana 12 diantaranya kendaraannya kami tahan lantaran tidak dilengkapi surat kendaraan oleh pengendara," katanya.

"Setelah kami tilang, kami minta kepada pemilik kendaraan untuk mengganti knalpot sesuai standar yang telah ditentukan. Ini semua dalam rangka terciptanya Kamseltibcar Lantas di wilayah hukum Polres Ciamis," tambahnya.

AKP Asep Iman Hermawan menuturkan selama kegiatan penindakan berlangsung, anggota Satlantas Polres Ciamis lebih mengedepankan sifat humanis Polri. Serta 5S, senyum, sapa, salam, sopan, santun.

"Pendekatan humanis kami kedepankan agar pengendara yang ditindak memahami betul kesalahan atas pelanggaran yang dilakukan saat berkendara dan itu cukup mengganggu ketertiban masyarakat karena suara knalpot yang bising. Sehingga kedepannya timbulnya budaya tertib berlalu lintas khususnya di wilayah hukum Polres Ciamis," tandasnya.

Deded skr 
Hms