Langsa [bhayangkaranews.id] Siswa dan siswi SDN 5 Langsa, Aceh di setiap hari Jum'at sebelum masuk kelas siswa dan siswi di melaksanakan baca Yasin dan zikir yang di pandu oleh guru agama. Yasinan dan zikir ini sudah ditetapkan oleh SDN 5 sudah lama serta berbagi paket kepada warga di sekitar sekolah dan luar sekolah. Program Jum'at berkah SDN 5 Kota Langsa merupakan kegiatan rutin setiap Jum'at  ini yang dilaksanakan setiap Jumat pagi usai para siswa melaksanakan yasinan di sekolah tersebut. Pembagian bingkisan kepada para pengemudi becak motor (Betor) yang mangkal dan lewat didepan sekolah tersebut.






Pembagian paket dilaksanakan oleh siswa dan siswi dampingi guru pada pelaksanaan pembagian paket ini untuk mendidik dan pembiasaan berinfaq dalam bentuk infaq mingguan dari siswa dan siswi.


Salah seorang pengemudi becak motor (Betor) yang belum diketahui namanya saat menerima bingkisan yang diserahkan oleh siswa dan siswi SD Negeri 5 ini, mengatakan, " kami yang mangkal di jalan  sekitar sekolah ini, setiap Jum'at pagi pukul 10.00 kami sudah menunggu pembagian bingkisan dari siswa dan siswi sekolah ini, sudah dua tahun ini kami selalu mendapat bingkisan dari siswa dan siswi sekolah ini, harapan kami pemberian bingkisan ini dapat di laksanakan selamanya, juga kami berharap di sekolah-sekolah lain dapat melakukan seperti yang dilakukan oleh sekolah ini, kami sangat berterima kasih kepada kepala sekolah dan guru atas pemberian bingkisan ini semoga sekolah, kepala sekolah, guru, siswa dan siswi sehat selalu dan mudah rezeki, doa mereka para pengemudi becak motor.


Terpisah, Kepala SDN 5 Kota Langsa, Rahmalinda, SPd, saat di jumpai, Jumat, 26 Agustus 2022, mengatakan, program Jum'at berkah ini menjadikan alternatif pemicu semangat berinfak di kalangan guru dan siswa dan siswi SDN 5 Kota Langsa, bukan sekedar mengumpulkan infak tiap selesai Yasinan di sekolah tetapi seluruh siswa dan siswi yang di dukung oleh orang tuanya menyisihkan jajannya untuk berinfaq dan di salurkan kepada yang berhak setiap Jum'at pagi usai yasinan di Sekolah dan ini tidak bermaksud riya' dalam beribadah, kegiatan ini bertujuan untuk menumbuh kembangkan semangat berbagi melalui pembiasaan berinfak dan sedekah di kalangan guru dan siswa dan siswi, sebutnya.


Lanjutnya, pemilihan hari Jum'at karena merupakan hari yang mulia, penyaluran infak secara langsung maka akan banyak keberkahan yang akan diperoleh, kebahagiaan yang tidak terkira ketika mendapat senyum bahagia dari para pengemudi becak motor (Betor) yang mendapatkan bingkisan, belum lagi doa yang mengalir agar para siswa dan siswi SD Negeri 5 Langsa menjadi generasi yang saleh dan shalihah, generasi yang beriman, sehat, mandiri berakhlakul Karimah, regilius, terampil dan berwawasan, harapnya. (Mtf)