Sulut, [bhayangkaranews.id]- Pendidikan anak usia dini, atau biasa disingkat PAUD, adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar.


Pendidikan anak usia dini dapat diselenggarakan melalui jalur pendidikan formal, nonformal, dan/atau informal. PAUD jalur pendidikan formal berbentuk taman kanak-kanak (TK), raudatul atfal (RA), atau bentuk lain yang sederajat. Sementara itu, PAUD jalur pendidikan nonformal berbentuk kelompok bermain (KB), taman penitipan anak (TPA), atau bentuk lain yang sederajat.


Seperti dilansir beberapa media kabupaten Minahasa Selatan, bunda Paud ibu Elsje Sumual saat dilantik sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Elsye Sumual, telah menyusun program.


Inti dari program yang dia buat adalah peningkatan pendidikan anak usia dini.


Menurut Elsye Sumual, perkembangan anak usia dini harus mendapatkan pengawasan ekstra ketat. Sebab, menurutnya, anak kecil layaknya kertas kosong yang dengan cepat dapat menyerap pengetahuan di sekitarnya.


"Apa yang dia pelajari dan yang terjadi di sekitarnya saat di usia dini, akan terus dia ingat dan membekas di pikirannya," kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Minahasa Selatan (Minsel) itu, ujar beliau seperti dilansir tribunmanado.co.id Minggu (23/5/2021).


Tepat hari ini Kamis (04/08/2022), pemerintah desa Lansot dibawah hukum tua Herry Sumendap bersama para perangkat menggelar launching Paud 'Berlian' untuk menunjang program pendidikan kabupaten Minahasa Selatan.


"Memang sudah direncanakan pada 2018 namun ada beberapa hal yang menunda, oleh karena itu baru terlaksana pada tahun 2022 yang disepakati semua pihak setelah itu saya berinisiatif menemui pihak terkait yang punya lahan serta bangunan dan puji Tuhan direspon dengan baik oleh pihak dinas perkebunan sebagai pemilik lahan", ucap hukum tua Sumendap.


Sekretaris dinas pendidikan Minsel Joice Ricky Tangkere M.Pd yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mewakili pemerintah kabupaten Minahasa Selatan bupati Franky Donny Wongkar SH bersama wakil bupati Pdt Petra Yani Rembang MTh dan Kadis Pendidikan Arthur Tumipa menyampaikan selamat atas dilaunchingnya Paud Berlian Pemerintah desa Lansot. (Stevie)