Nias Selatan, [Bayangkaranews.id] Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, SH., MH., membuka secara resmi kegiatan Workshop Evaluasi Pelaksanaan Long Form SP2020 dan Pencanangan Desa Cinta Statistik (Cantik) Tahun 2022 yang digelar oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Nias Selatan di Aula Kantor Bupati Jalan Arah Lagundri Km. 5 Teluk Dalam, Rabu (4/8/2022).


Dalam arahannya, Firman Giawa mengajak seluruh pihak untuk menggunakan informasi data jumlah penduduk sesuai dengan ketentuan, jangan sampai ada perbedaan data antara OPD terkait dengan BPS Nias Selatan. Beliau menambahkan dalam menyonsong tahun politik ke depan diharapkan untuk dapat menyelaraskan data jumlah penduduk agar nantinya pesta demokrasi dapat berjalan dengan baik.


Kegiatan ini juga diselingi dengan penandatanganan nota kesepahaman Antara Badan Pusat Statistik Kabupaten Nias Selatan dan Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Selatan dalam rangka membangun sinergitas dan membangun kontribusi berkesinambungan dalam penyelenggaraan Program Desa Cinta Statistik serta untuk meningkatkan kualitas dan akurasi data di Pemerintah Desa/Kelurahan demi kemajuan pembangunan,  sekaligus penyerahan Piagam Desa Cinta Statistik (Cantik) kepada Desa Hilisimaetano sebagai desa percontohan yang langsung diserahkan oleh Wakil Bupati Nias Selatan Firman Giawa, SH , MH., didampingi oleh Kepala BPS Kabupaten Nias Selatan Zainal Arifin, SST., MM.

 

Adapun narasumber pada workshop ini yakni Kepala BPS Kabupaten Nias Selatan Zainal Arifin, SST., MM., Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Nias Selatan, Deri Dohude, S.Ag., MM., Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Nias Selatan Abdiel Sonasa Amazihono, SSTP., M.Ec.Dev., dan Rektor Universitas Nias Raya Dr. Martiman Su'aizisiwa Sarumaha.


Turut hadir Forkopimda atau yang mewakili, Sekda Nisel Ir. Ikhtiar Duha, M.M,  Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kabag Kerjasama Setdakab Nisel, Camat se-Kabupaten Nias Selatan, Kepada Desa Hilisimaetano. (tim)