TELUK DALAM, [Bhayangkara news id] Pemerintah Desa bersama Badan Permusyawaratan Desa Hililaza, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan melaksanakan Musyawarah Desa (Musdes) dalam rangka percepatan penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2023. 



Musdes tersebut berlangsung di Kantor Kepala Desa Hililaza, Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, 03/09/2022. Pada saat itu Pemdes dan BPD berkomitmen untuk menyelesaikan penyusunan RKPDes Tahun 2023 tepat waktu sebagaimana disampaikan oleh Kepala Desa Hililaza, Perhatian Bohilima. 


Dalam arahan Camat Teluk Dalam, Hans Martin Wau,SE., menegaskan kepada seluruh Perangkat Desa dan BPD Hililaza agar penyusunan RKPDes Tahun 2023 betul-betul dikerjakan di Desa, dengan memberdayakan potensi sumber daya manusia yang ada dan tidak bergantung dengan bantuan orang lain. 


"Apabila Perangkat Desa mampu membuat dokumen RKPDes, maka akan menjadi tolak ukur kemajuan kinerja Pemerintah Desa. Pendamping Desa adalah sebatas mendampingi. Sehingga harapan kami segala dokumen perencanaan, pelaksanaan dan pertanggungjawaban kegiatan benar-benar mampu dibuat oleh Pemerintah Desa dan BPD," tandas Hans Martin Wau. 


Untuk membekali dan meningkatkan potensi Pemerintah Desa dan BPD Hililaza dalam penyusunan RKPDes Tahun 2023, Sekcam Teluk Dalam, Walaupun Sarumaha,S.Pd.,M.A.,M.I.P., memaparkan beberapa regulasi dan teknis penyusunan dan pembahasan hingga penetapan RKPDes menjadi Peraturan Desa. 


Berikutnya, Pendamping Desa, Herianto Zebua, juga memaparkan arah kebijakan Pemerintah dalam penggunaan Dana Desa Tahun 2023 yang meliputi penuntasan kemiskinan, pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui wadah Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), penanggulangan stunting dan peningkatan SDM. 


Setelah pemaparan teknis penyusunan RKPDes dan program prioritas dana desa Tahun 2023, dilanjutkan dengan ruang diskusi tentang pengusulan beberapa program pembangunan oleh unsur masyarakat Desa Hililaza. Kemudian usulan tersebut akan dituangkan oleh Pemerintah Desa dalam daftar usulan tahun 2023. (Tim)