Ciamis [ bhayangkara news id ] Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., melakukan konsolidasi terkait bencana alam tanah longsor di Desa Sukamaju, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, (12/9/2022).

Konsolidasi ini dipimpin langsung oleh Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya dan Kepala BPBD Kabupaten Ciamis Dadang. Tidak hanya itu, tampak hadir sejumlah Kepala Dinas dan Kepala Desa terkait serta elemen terkait lainnya dalam penanganan Bencana Alam tanah longsor.
Pada kesempatan tersebut, Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro, SH., S.I.K., M.T., menyampaikan, bahwa Polres Ciamis selalu siaga dan siap untuk bergabung dengan tim Penanganan Bencana Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi dilokasi bencana. Terkait bencana tanah longsor di wilayah Sukahurip ini, Polres Ciamis mensiagakan anggota di Desa yang terdampak untuk melakukan evakuasi hingga prosesnya semua selesai.

"Kami Polres Ciamis selalu siap dan siaga bergabung bersama tim BPBD Ciamis dalam penanganan kebencanaan di Desa Sukahurip dan Sukamaju yang dilanda bencana alam tanah longsor pada Minggu (11/9), malam. Anggota kami siagakan dilokasi bencana hingga proses penanganan bencana selesai," katanya.

Kapolres Ciamis menambahkan, Polres Ciamis akan mendirikan posko siaga bencana di Desa Sukamaju untuk tempat siaga anggota Polres Ciamis. Posko ini akan didirikan guna membantu masyarakat terdampak bencana alam dalam upaya trauma healing dan memberikan pelayanan kesehatan.

Kapolres Ciamis berpesan kepada masyarakat untuk tetap selalu waspada mengingat beberapa hari kedepan cuaca ekstrim masih akan terjadi. 

"Bagi warga yang rumahnya didekat tebing atau lokasi rawan longsor agar selalu waspada terlebih saat terjadi hujan diminta untuk melakukan evakuasi ke lokasi atau rumah keluarga dan tetangga yang aman guna mencegah timbulnya korban jiwa ketika terjadi bencana alam tanah longsor," tandasnya.

Deded
Hms