Kb Ciamis[ bhayangkara news id ] Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya hadiri kegiatan Peringatan HUT Gong Perdamaian Dunia yang ke 13 bertempat di Situs Karangkamulyan Kecamatan Cijeungjing Ciamis, pada Jumát (09/09/2022).


Turut mendampingi pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Ciamis Yana D. Putra, Irjen (Purn) Anton Charlyan, Unsur Forkopimda besertra tamu undangan lainnya.
Diawal sambutannya, Bupati Herdiat menyampaikan bahwa Gong Perdamaian Dunia di Kabupaten Ciamis merupakan simbol persaudaraan.

Kemudian beliau menjelaskan bahwa Galuh merupakan salasatu kerajaan tertua di Nusantara dan masyarakat Ciamis merupakan pewaris dari Kerajaan Galuh yang harus terus memelihara, sehingga Galuh tetap berada di hati masyarakat Ciamis.

Lanjut Bupati Herdiat menyampaikan bahwa nama Kabupaten Ciamis akan kembali ke Galuh.
"Tahun ini kami telah melakukan pengkajian, bahwa Ciamis akan kembali ke Galuh, mudah-mudahan tidak dengan waktu yang lama nama Ciamis ini kembali ke nama Galuh," Jelasnya.

"Galuh jangan hanya ada di hati, Harus terwujud bahwa Galuh itu ada," Tambahnya. 

Kemudian Bupati Herdiat menerangkan bahwa luas Karangkamulyan memiliki luas 2 Hektar, rest area yang berada di sekitar obyek wisata, secara kepemilikan yang tadinya milik Provinsi dan sekarang sudah sudah menjadi milik Kabupaten Ciamis.
Lanjut beliau mengutarakan keinginannya untuk memusatkan kebudayaan di Karangkamulyan.

"Insha Allah kedepannya kita akan pusatkan disini, dengan pengelolaan dan penataan yang baik, akan menjadi daya tarik wisatawan lokal bahkan mancanegara," Terangnya.

Kemudian diahir sambutannya, Bupati Herdiat mengucapkan selamat memperingati HUT Gong Perdamaian yang ke 13.

Hb048