Serang [ bhayangkaranews.id ] Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) menjadi isu yang tengah ramai dibahas di masyarakat. Polres Serang, Polda Banten pun bakal memperkuat pengamanan di sejumlah SPBU mencegah tindakan kriminal terjadi.

"Kita sudah petakan semua SPBU yang ada di wilayah hukum Polres Serang ini kurang lebih ada 9 SPBU," kata Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, SH., S.Ik di hubungi melalui saluran telepon, Sabtu (3/9/2022).

Yudha menyebut penjagaan ketat itu sebagai langkah antisipasi adanya pihak yang ingin melakukan penimbunan BBM.
"Kita sudah menempatkan personel kita untuk memantau agar di situ tidak ada penimbunan dan sebagainya. Kita pastikan semua aman. Sampai saat ini situasi aman terkendali," jelas Yudha.

"Dari 9 SPBU yang ada di wilayah hukum Polres Serang ini, semua bisa dipastikan akan bisa di-cover oleh Polres Serang dan dibantu oleh Polsek Jajaran untuk mengamankan itu semua," tambahnya.

Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, SH., S.Ik juga sebelumnya menyampaikan wanti-wantinya kepada pihak yang berniat melakukan penimbunan BBM. Yudha awalnya mengatakan sejauh ini pihaknya belum menemukan laporan penimbunan BBM di tengah isu kenaikan harga BBM saat ini. Tetapi Polres Serang akan mewaspadainya.
"Sampai hari ini belum ada kita temukan, sampai hari ini belum ada laporan terjadi penimbunan. Karena penimbunan itu dengan modus operandi macam-macam, ada yang gunakan mobil yang dimodifikasi, ada yang bolak-balik, ada yang ditaruh di sebuah titik," kata Yudha.

Meski begitu, Yudha mengatakan tindakan penimbunan BBM telah diantisipasi pihaknya di tengah isu kenaikan tarif BBM. Tindakan tegas akan diambil bagi para pelaku.

"Tentu kita akan lakukan penindakan kepada mereka-mereka yang mengambil untung di masa yang sempit ini," tutur Yudha.
Selain itu, Yudha memastikan pihaknya bakal mengawasi penyelundupan BBM. Namun dia memprediksi tindakan itu tidak akan terjadi di wilayah hukum Polres Serang.

"Kalau penyelundupan BBM mungkin tidak di daerah Serang. Itu wilayah-wilayah yang miliki perbatasan laut dengan luar negeri," katanya.

Dia menambahkan, kondisi wilayah hukum Polres Serang saat ini aman. Yudha pun meminta masyarakat tidak panik di tengah isu kenaikan harga BBM. 

"Kalau di wilayah Serang ini, saya kira yang perlu kita jaga supaya masyarakat jangan panik. Jangan ada yang lakukan penimbunan. Kita akan melakukan penjagaan sosialisasi dan edukasi," tutupnya. 


(Red-Humas)