Padang Lawas, [bhayangkara news id] - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas melalui Dinas Sosial menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial tahun anggaran 2022, sekaligus penyerahan Alat Bantu Penyanggah dan Kursi Roda kepada penyandang disabilitas dan lanjut usia.


Rapat Koordinasi dibuka langsung Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt,.MM,.M.Si bertempat di Aula Hotel Al - Marwah Sibuhuan Jalan KH. Dewantara, Lingkungan VI Padang Luas Kecamatan Barumun, Selasa (07/08/2022).


Dalam arahannya, Plt. Bupati Padang Lawas, drg. AZP menyampaikan, untuk penanganan fakir miskin haruslah dilakukan secara serius dan keterpihakan dengan cara memberdayakan masyarakat.


AZP menambahkan, ketika mereka mampu mengatasi dirinya  sendiri dalam aspek kehidupannya, maka pemberdayaan sosial tersebut sudah dapat dikatakan terlaksana dengan baik serta bantuan yang diberikan bukan membuat ketergantungan akan tetapi harus dilakukan secara mendidik.


Dimana masyarakat tersebut memang masuk dalam kategori penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), untuk itu perlu terciptanya sebuah pemahaman dan kesinambungan semua stakeholder baik unsur Pemerintah Pusat, Provinsi maupun Kabupaten/ Kota, katanya 


Peran Dinas Sosial Kabupaten Padang Lawas sebagai mitra dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial sangat diharapkan bantuannya dengan mensosialisasikan program penanganan fakir miskin sekaligus melakukan pembinaan tentang keberadaan fakir miskin di Kabupaten Padang Lawas.


"Akhir-akhir ini masyarakat kita sedang dihebohkan dengan naiknya harga BBM bersubsidi, sebagai upaya pemerintah dalam mencegah inflasi yang semakin melilit," tegas Plt. Bupati AZP.


Dimana inflasi yang terus meningkat di Padang Lawas mengakibatkan kenaikan harga pangan melonjak tajam, seperti harga cabai, sembako dan BBM serta kebutuhan pokok lainnya.


Maka dari itu sesuai Bapak Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi di harapkan kepada seluruh jajaran pemerintah untuk menanam cabai minimal 10 batang per rumah. Hal tersebu merupakan upaya dari pemerintah untuk menekan harga cabai yang semakin meningkat. Disisi lain juga mengharapkan inovasi, dan terobosan dalam menekan inflasi ini sehingga masyarakat tidak khawatir terkait naiknya semua kebutuhan pokok, ungka AZP.


Lanjut Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt.,MM.,M.Si mengharapkan melalui sosialisasi ini dapat menimalisir angka kemiskinan di Kabupaten Padang Lawas karena sesuai dengan visi misi Padang Lawas yang Beriman, Cerdas, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya (BERCAHAYA).


Sementara Kepala Dinas Sosial Kabupaten Padang Lawas, H. Achmad Fauzan Nasution SQ,. S.HI,.M.Pd.I menyampaikan Laporannya membacakan Surat Keputusan Bupati Padang Lawas Nomor 460/098/KPTS/2022 tentang Pembentukan Panitia Sumber Kesejahteraan Sosial Tahun Anggaran 2022.


Peserta dalam kegiatan ini adalah Kepala SKPD Kabupaten Padang Lawas, Camat se Padang Lawas, seluruh Kepala Desa dan Lurah, Kantor BPJS Kesehatan Sibuhuan, seluruh pendamping PKH se Padang Lawas, seluruh TKSK SE Palas, Puskesos SLRT se Palas, Ketua PNS se Palas dan Karang Taruna Kabupaten Padang Lawas.


Sebelum rapat koordinasi dilaksanakan, Plt. Bupati Padang Lawas, drg. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt,.MM,.M.Si didampingi Kadis Sosial memberikan alat bantu kepada penyandang disabilitas dan lanjut usia secara simbolik kepada 17 orang penerima kursi roda, 17 orang penerima tongkat ketiak (Kruk), 17 orang penerima Walker alat bantu jalan dan 17 orang penerima alat bantu pendengaran dengan total 68 orang penerima bantuan penyandang disabilitas dan lanjut usia. (Yudha M).