Kb IAMIS [ bhayangkara news id ] Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra membuka secara resmi pendidikan dan pelatihan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Ciamis yang dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Kawali, Sabtu (03/09/2022).

Dalam sambutannya, Wabup Yana berharap dengan hadirnya MDMC ini dapat turut menurunkan angka resiko bencana di Kabupaten Ciamis. 
"Mudah - mudahan hadirnya memberikan kontribusi positif terhadap gerakan kemanusiaan d Ciamis," ucapnya. 

Wabup menjelaskan resiko bencana Kabupaten Ciamis saat ini berada di posisi ke 13 se Jawa Barat setelah sebelumnya berada di posisi ke 7. 

"Salah satu indikator turunya angka resiko bencana tersebut adalah dengan hadirnya relawan siaga bencana seperti MDMC ini," terangnya. 

Disampaikan Wabup, Pemerintah Daerah pun tidak tinggal diam dan akan melibatkan MDMC dalam penanganan kebencanaan dibawah BPBD Kabuapten Ciamis.
"Kita Pemda tidak bisa bekerja sendiri tanpa bantuan masyarakat, relawan serta organisasi masyarakat," Ungkapnya. 

"Dengan hadirnya MDMC ini Pemkab Ciamis tidak bisa tinggal diam, melalui BPBD kami akan melibatkan teman- teman MDMC semua," Ujarnya menambahkan. 
Diketahui, dalam kesempatan tersebut juga dilaksanakan pelantikan pengurus MDMC Muhammadiyah Kabupaten Ciamis. 

Ketua MDMC Muhammadiyah Ciamis, Raditya Muhammad Ihsan menyatakan kesiapannya membawa MDMC hadirnya untuk membantu masyarakat. 

"Intinya MDMC ini siap hadir membantu masyarakat dan siap menjaga nama baik perserikatan Muhammadiyah," Jelas Ketua MDMC. 

Hb048