[ Bhayangkara news id ] Kota Tasikmalaya,  Bertempat di Kampung Cinangsi, RT 002, RW 008, Kelurahan Sukalaksana, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya, sekitar pukul 13.50 sampai pukul 14. 30 WIB telah dilaksanakan Peresmian Hasil Kegiatan Bakti Manunggal Satata Sariksa ( BSMSS ) Tahun 2022 Kota Tasikmalaya yang dihadiri lk 110 orang. Senin (10/10/2022). 

Dalam peresmian hasil kegiatan Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) dipimpin langsung Letkol Inf Ary Sutrisno  S.I P selaku Komandan Kodim 0612/Tasikmalaya didampingi unsur forkopimda Kota Tasikmalaya, diantaranya 
Wali Kota Tasikmalaya (Drs. H. Muhammad Yusuf), Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Fraksi Gerindra (H. Aslim, SH), Danlanud Wiriadinata Letkol Pnb Adi P. Buana, S.H., M.I.Pol.), Kasat Binmas Polres Tasikmalaya Kota (Iptu Dede Tarman),
Jaksa Fungsional Kejari Kota Tasikmalaya (Sidik, SH),
Camat Bungursari (Sodik Sunandi,S.IP.,M.Si), Wadanramil Indihiang (Kpt. Arm. Deny), Ketua MUI kec. Bungursari (KH. Aban Bunyamin),
Ketua Karang Taruna Kec. Bungursari (Irman),
Kepala OPD Lingkungan Pemkot Tasikmalaya,
Lurah serta tamu undangan.

Dalam sambutannya, Dandim menyampaikan hari ini kita dapat melaksanakan acara penutupan Bakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMMS ) tahun 2022 dalam keadaan sehat walafiat. Kita patut bersyukur perjalanan dinamika program BSMSS dari tahun ke tahun semakin menunjukkan hasil yang memuaskan dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. 

"Berbagai hasil pembangunan sarana umum dan kegiatan fisik telah dapat mendorong perkembangan secara umum", ujarnya. 
Ia berharap, semua pencapaian ini tentunya karena adanya dukungan penuh dari pemerintah kota dan seluruh pihak terkait untuk membentuk baik yang berupa material maupun non material. 

"Harapan kita semoga BSMMS tahun 2022 ini dapat bermanfaat bagi masyarakat yang selama ini benar-benar dibutuhkan", harap Letkol Inf Ary Sutrisno S.I.P. 

Dandim menjelaskan, kebersamaan dalam melaksanakan BSMMS, terus kita berharap agar dapat semakin menumbuhkan sikap saling pengertian dan semangat kerja sama antara TNI pemerintah kota dan segenap elemen masyarakat kota tasikmalaya. Sehingga tujuan pembangunan nasional benar-benar dapat tercapai . 


"Kita maklumi bersama bahwa nilai utama yang hendak dan akan  tumbuh kembangkan dalam setiap kegiatan adalah terwujudnya ikatan kemanunggalan antara TNI dengan segenap jajaran pemerintah kota dan masyarakat," terangnya. 

"Semua tingkatan serta untuk saling bahu membangun dan bergotong-royong, membangun kehidupan sosial yang berkualitas sehingga bermuara pada terciptanya stabilitas keamanan kota yang mantap sebagai pondasi sekaligus prasyarat dalam mewujudkan sistem pertahanan semesta kita cita-citakan bersama", tambah Dandim.


Selanjutnya, Ia juga menjelaskan berdasarkan hasil evaluasi terhadap pelaksanaan program BSMSS tahun lalu menunjukkan hasil yang semakin positif, bahkan senantiasa dapat melebihi pencapaian target kegiatan pokok termasuk pula dalam efisiensi pembiayaan keberhasilan ini dapat kita raih. Tentunya berkat adanya sinergi ikatan kebersamaan serta adanya dukungan swadaya masyarakat yang sangat tinggi sehingga program ini menjadi salah satu program penting. 

Dengan perubahan program Penutupan BSMSS TA 2022 di Kelurahan Sukalaksana Kecamatan Bungursari kota Tasikmalaya ini saya mengharapkan mekanisme pembangunan model ke manunggalan, dan jadikan salah satu modal dasar masyarakat dalam rangka melaksanakan pembangunan di kawasan pedesaan. 

Karena itu diharapkan adanya tindak lanjut dari berbagai pihak satuan kerja daerah terkait di semua tingkatan pemerintah demikian pula kepada masyarakat kelurahan Sukalaksana. Pelaksanaan program BSMSS ini berarti pekerjaan harus lebih di tingkatkan yang pada akhirnya mendapat ridho Allah SWT", jelasnya
Diharapkan masalah semakin mampu untuk membangun wilayahnya secara mandiri. Kemandirian masyarakat telah tercapai maka disinilah letak keberhasilan pembangunan bangsa.


Sekali lagi saya sampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya atas dukungan dari semua pihak untuk bersama-sama bergotong-royong melaksanakan program BSMSS tahun 2022 mudah-mudahan segala pengorbanan dan nama baik kita dalam rangka mengabdi kepada bangsa dan negara. 

"Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirohim pada hari senin tanggal 10 oktober pukul 14.05 WIB pelaksanaan bakti siliwangi manunggal satata sariksa tahun 2002 dengan resmi saya nyatakan ditutup", lanjut Dandim. 

Melalui Program BSMSS yang dicanangkan oleh TNI AD diharapkan dapat Membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta mempercepat Program Pembangunan Khususnya diwilayah-wilayah tertinggal yang belum tersentuh pemerintah. 

Pembangunan MCK di 6 lokasi yang bertempat di kelurahan sukalaksana kecamatan Bungursari kota Tasikmalaya telah selesai dilaksanakan dan diresmikan 

Perlu juga kita sebagai pelaksana berkoordinasi dengan jajaran pemerintah dan aparat setempat sehingga kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar.

 (D.Skr)