Serang - [bhayangkarnews.id] - Telah terjadi gempa bumi pada Minggu (09/10) sekitar pukul 17.02 Wib dengan kekuatan 5,5 SR di titik gempa berada di koordinat 7,09 derajat Lintang Selatan (LS) dan 106,08 derajat Bujur Timur (BT).



Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Shinto Silitonga mengatakan Pusat gempa berada jarak 26 km arah barat daya Bayah, Banten, pada kedalaman 12 km, "Pasca gempa kami sudah koordinasi dengan pihak BMKG dan BPBD bahwa gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami," ujar Shinto.


Selanjutnya Shinto menjelaskan hasil koordinasi dengan pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bahwa sampai saat ini gempa tidak menimbulkan kerusakan, kerugian ataupun korban. "Sampai saat ini informasi yang kami terima bahwa gempa yang terjadi tidak menyebabkan kerusakan dan korban jiwa, informasi ini dikuatkan dari hasil pengecekan anggota Polri di wilayah terjadinya gempa," ujar Shinto.


Shinto juga menambahkan akan terus mengupdate perkembangan terkini terkait gempa. "Masyarakat dapat melihat update reportase di lapangan oleh personel di *Instagram humaspoldabanten* dan kami juga akan selalu mengupdate hasil terkini," tambah Shinto.


Terakhir Shinto mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada menghadapi gempa susulan yang sewaktu-waktu bisa terjadi, “Saya menghimbau kepada warga untuk tidak panik namun tetap waspada dan tetap mengikuti arahan dari petugas,” tutup Shinto (Bidhumas).