Muara Enim - bhayangkaranews.id -  Salah satu organisasi profesi Pers, Pemerhati Jurnalis Siber (PJS) resmi hadir di kabupaten Muara Enim. Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PJS Kabupaten Muara Enim resmi dibentuk sesuai dengan SK Dewan Pengurus Daerah (DPD) PJS Sumatera Selatan Nomor : 02/SK-DPD/PJS/IX/2022 Tentang pengangkatan DPC PJS kabupaten Muara Enim. Adapun Struktur KSB Peryanto sebagai Ketua, Sekretaris Agung Prabowo, dan Bendahara Zuhairi Ramadhan atau yang akrab di sapa bung Away. (07/10/22). 


Mengutip dikatakan Plt. Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PJS Mahmud Marhaba yang merupakan seorang ahli pers di Dewan Pers juga sangat berperan dalam memperjuangkan JMSI (Jaringan Media Siber Indonesia) menjadi konstituen Dewan Pers dalam kurun waktu 2 tahun. 


"Hadirnya PJS adalah sebagai wadah dimana semakin majunya teknologi informasi saat ini, berbanding lurus dengan munculnya wartawan wartawan baru yang selama ini terlanjur dicap dengan sebutan wartawan instan, wartawan bodrek, ataupun wartawan abal-abal. 


Mahmud Marhaba, mengatakan, PJS lahir atas keperdulian terhadap para jurnalis yang selama ini dicap buruk, baik itu dengan sebutan wartawan bodrex atau wartawan abal-abal.


Untuk itu, kata Mahmud, PJS siap merangkul para wartawan tersebut dan membantu mereka melucuti stempel buruk itu, agar berharga di mata sesama wartawan dan masyarakat umum.


“Roh di PJS ini pelatihan dan pendidikan, yang muaranya Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ini juga merupakan cita-cita Dewan Pers. Maka itu kita merangkul kawan-kawan wartawan agar menjadi jurnalis kompeten dan profesional bersama PJS"


Mahmud pun mengapresiasi antusiasme dan semangat para pekerja pers untuk bergabung bersama PJS. Terbukti, belum genap 6 bulan berdiri DPD PJS telah berada di 27 Provinsi, dengan anggota ribuan wartawan.


Peryanto Ketua DPC PJS Muara Enim saat disambangi usai rapat pengurus di Gerai Oleh-oleh Muara Enim mengatakan, PJS Muara Enim masih membuka pintu bagi insan jurnalis di kabupaten Muara Enim, yang belum tergabung dalam organisasi manapun untuk bersama sama berhimpun di PJS. 


"Kami masih terus membuka diri bagi kawan-kawan jurnalis yang berkeinginan untuk bergabung dengan PJS" Ucapnya. 


"Semoga hadirnya PJS dapat ikut berperan dalam mewujudkan transformasi wartawan berintegritas, kompeten dan profesional sebagaimana visi misi PJS" Harapnya. 


"Kami juga siap untuk bersinergi dengan semua stakeholders yang ada di kabupaten Muara Enim" Pungkasnya. 


Sementara itu, salah satu dewan pembina DPC PJS Kabupaten Muara Enim Ahmad Rifa'i yang akrab disapa "Bang Ambon" Purnawirawan TNI, menghimbau kepada Pengurus dan anggota DPC PJS Muara Enim, selain fokus meningkatkan kwalitas dari produk produk jurnalistiknya, agar untuk juga berperan aktif dibidang sosial kemasyarakatan.

Editor:reno