Lebak - [bhayangkaranews.id] - Telah terjadi bencana banjir di Desa Suwakan, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak pada Minggu (09/10) sekitar pukul 16.30 Wib.


Kapolres Lebak AKBP Wiwin melalui Kapolsek Bayah AKP Sudibyo membenarkan kejadian tersebut, "Betul telah terjadi bencana banjir pada Minggu (09/10) sekitar pukul 16.30 Wib di  Desa Suwakan, Kecamatan Bayah," kata Sudibyo.




Sudibyo menjelaskan kronologis kejadian banjir, "Pada Minggu sekitar intensitas hujan di wilayah Bayah sangat tinggi tepatnya sekitar pukul 14.00 Wib sampai dengan 17.00 Wib dan mengakibatkan Sungai Cimandur banjir dan merendam rumah warga," ucap Sudibyo.


Sudibyo menambahkan jumlah rumah yang terendam banjir sebanyak 30 rumah warga, "Sekitar pukul 16.30 Wib banjir akibat luapan air Sungai Cimandur yang mengakibatkan kurang lebih 30 rumah warga yang terendam banjir di Kampung Suwakan yaitu RT01/01 dan RW03/01 Desa Suwakan, Kecamatan Bayah," ujar Sudibyo.


Sudibyo menjelaskan Ada 30 rumah yang terendam banjir di RT01/01 dan RW03/01 Desa Suwakan, "Ada 30 rumah yang terendam banjir di RT01/01 dan RW03/01 Desa Suwakan, antara lain milik Budi, Adlani, Sotro, Ateng, Yoni, Enun, Acong, Andri, Enih, Ohib, Hj. adul, Empah, Sangsang, Pulung, Abah acung, Khaerudin, Teti, Rusni, Romsih, Parman, Pepen, Iboh, Yayat, Cucum, Hj. mami, Abu, Endut, Bagja, Rohman, Ust hapudin," tambah Sudibyo.


Sudibyo mengatakan dalam musibah ini menyebabkan beberapa kerugian materi, "Dalam musibah banjir ini warga mengalami kerugian materi yang berupa terendamnya barang-barang yang ada di dalam rumah, serta data sementara bencana banjir tersebut tidak menimbulkan korban jiwa," tambah Sudibyo.


Terakhir Sudibyo menjelaskan dalam musibah tersebut pihaknya melakukan beberapa langkah-langkah kepolisian, "Dalam musibah tersebut pihaknya melakukan beberapa langkah kepolisian diantaranya mendata korban banjir, menghimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap bencana banjir, serta membuat laporan," tutup Sudibyo (Bidhumas).