Labura, [bhayangkaranews.id], Sebanyak 128 orang calon peserta Panwaslu Kecamatan (Panwaslucam) dari 8 Kecamatan telah mendaftar ke Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kab.Labuhanbatu Utara, Senin (10/10/2022).





Ketua Bawaslu Labura Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia (OSDM) M. Yusuf S.Ag kepada awak media di ruang kerjanya menyampaikan, usai penutupan pendaftaran calon anggota Panwaslu Kecamatan sebanyak 128 orang calon peserta yang mendaftar diantaranya 109 laki-laki dan 19 perempuan yang tersebar di 8 Kecamatan.


Selanjutnya Bawaslu akan meneliti kelengkapan berkas administrasi calon anggota Panwaslucam, dan hasil penelitian berkas administrasi para calon ini nantinya akan diumumkan pada tanggal 12 Oktober 2022 baik melalui media massa maupun media sosial Bawaslu Labura. Ujarnya


Yusuf mengatakan calon yang lulus administrasi akan mengikuti ujian tertulis dalam sistem online yaitu Computer Asissted Test (CAT) pada tanggal 14 sampai 16 yang akan dilaksanakan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Muhammadiyah yang berada di Aek Kanopan.


Proses seleksi calon anggota Panwaslu Kecamatan ini dilakukan secara ketat dengan metode sistem gugur melalui penyaringan tes tertulis secara online atau Sistem Computer Assisted Test (CAT). Jelas yusuf


"Nantinya semua pendaftar yang telah lolos verifikasi administrasi akan mengikuti ujian tertulis yang menggunakan sistem computer assisted test (CAT), yang hasilnya bisa langsung diketahui,” katanya kepada awak media.


Ia mengatakan tes ujian yang akan digelar pada 14 Oktober mendatang, akan diambil enam orang yang mendapatkan nilai terbaik di setiap kecamatan, selanjutnya mereka akan menjalani test  wawancara yang dilakukan pokja Bawaslu Kabupaten Labura.


"Usai menjalani test wawancara, nanti akan ditetapkan 24 anggota Panwaslu Kecamatan yang akan kami rekrut untuk ditugaskan di seluruh wilayah Kabupaten Labura, atau tiga orang di tiap-tiap kecamatan. Sesuai rencana pelantikan anggota Panwaslu Kecamatan tersebut yang akan dilakukan 26 Oktober mendatang," Tutupnya

(Alwi)