Kediri (13/10). -bhayangkaranews- Senkom Mitra Polri Kota Kediri yang diwakili Supriono, menghadiri undangan Bimtek Tim Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (TRC-PB) oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kediri. Acara tersebut digelar di Lapangan MAN 2, Kecamatan Kota, Kota Kediri, Rabu (12/10).





Kepala Pelaksana BPBD Kota Kediri, Induk Munawaroh menjelaskan bahwa acara ini dalam rangka menindaklanjuti mandat dalam Surat Kementerian Dalam Negeri Nomor : 360/1809/BAK tanggal 4 April 2022 tentang Pembentukan Tim Reaksi Cepat (TRC) di Tingkat Provinsi dan Kabupaten / Kota di Seluruh Indonesia.


"Kegiatan ini diikuti oleh 80 peserta dari beberapa instansi dan Organisasi atau Lembaga terkait kebencanaan yang ada di Kota Kediri," ujarnya.


Ia menambahkan bahwa tujuan dilaksanakan acara ini untuk membangun pemahaman dasar anggota TRC-PB terkait manajemen dasar kebencanaan; terjalinnya kesamaan persepsi terkait ruang lingkup tugas dan fungsi TRC-PB Kota Kediri; membangun pemahaman tugas dan fungsi di setiap klaster anggota TRC-PB; membangun pemahaman tata cara dan prosedur pelaksanaan kaji cepat dan tepat bencana; dan terwujudnya sinergi antar lintas sektor yang terstruktur dalam pelaksanaan penanggulangan bencana di tahap darurat bencana.


"Terima kasih kepada semua pihak yang sudah hadir dan semoga kegiatan ini dapan menjadikan manfaat bagi semua masyarakat, khususnya di Kota Kediri," pungkasnya. 


Lebih lanjut, Wakil Ketua Senkom Mitra Polri Kota Kediri, Supriono menyampaikan kegiatan ini sangat urgen dilaksanakan mengingat cuaca di Indonesia saat ini tidak bisa diprediksi dan begitu pula terjadinya bencana.


"Dibutuhkan kerjasama dari semua pihak dan reaksi cepat dalam rangka penanganan bencana, sebab kalau bisa bekerjasama maka akan terselesaikan dengan baik, maka tepat sekali BPBD melaksanakan kegiatan ini dengan mengundang pihak terkait," ujarnya.


Ia menambahkan bahwa Senkom Mitra Polri memiliki tiga kluster yang sudah MoU dengan pihak terkait, yaitu kluster kamtibmas dengan Mabes Polri, kluster penanganan bencana dengan BNPB/BPBD dan kluster bela negara dengan Kemenkumham, ini menjadi program unggulan Senkom Mitra Polri.


"Maka Senkom mengikuti kegiatan ini dengan dasar kluster yang kedua, yaitu kluster penanganan bencana kerja sama dengan BNPB/BPBD," ungkapnya.


"Semoga hubungan kerja sama Senkom Mitra Polri dengan BPBD Kota Kediri semakin terjalin dengan baik, Senkom Mitra Polri Kota Kediri selalu siap mendukung program BPBD," tutupnya.