Kediri (07/10). bhayangkaranews Jelang Rapat Pimpinan Provinsi (Rapimprov), Senkom Mitra Polri Provinsi Jawa Timur menggelar Konsolidasi Organisasi Korda Karesidenan Kediri, diikuti 100 orang anggota Senkom, bertempat di Gedung Bersama Senkom Kabupaten Kediri, Jumat (07/10). 


Ketua Senkom Provinsi Jawa Timur, Maun menjelaskan bahwa Konsolidasi Organisasi ini bertujuan untuk saling silaturrahim, menyampaikan aspirasi dari Senkom Kabupaten/Kota dan dapat menyampaikan instruksi serta informasi dari Pengurus Pusat (PP) Senkom Mitra Polri.


"Di era globalisasi saat ini jiwa pemimpin yang berkatakter, kemauan yang kuat, inspiratif, kompetensi dan integritas sangat dibutuhkan dalam menjalankan roda organisasi sesuai harapan visi misi organisasi yang berdasar pada aturan yang ada," ungkapnya.


Agar roda berputar organisasi berjalan dengan seimbang, Maun mengatakan ada enam karakter luhur Senkom, yakni jiwa yang jujur, amanah, rukun, kompak, kerjasama yang baik dan efisien. "Enam karakter Ini menjadi pedoman anggota Senkom dalam menjalankan tugasnya," ujarnya.


"Dengan menerapkan kompetensi moral, maka para pemimpin dan pengurus, nantinya bukan hanya memiliki kemampuan profesional dalam akademik, tapi juga memiliki moral dalam etika profesi dalam menjalankan tugasnya," terang Maun.


Ia menambahkan bahwa dalam kaderisasi organisasi, lebih ditekankan dalam hal sumber daya manusianya (SDM). "Mau tidak mau kepengurusan Senkom diharapkan pemuda yang menguasai tentang teknologi informasi yang saat ini menjadi sesuatu yang penting," jelasnya.


Wakil Ketua Senkom Jatim, Chudori memaparkan bahwa sesuai AD/ART Senkom Mitra Polri, sebelum diadakannya Rapimprov Jatim, terlebih dahulu menyelesaikan Konsolidasi Organisasi di masing - masing Korda Kabupaten/Kota di Jawa Timur.


Lebih lanjut, Wakil Sekretaris Senkom Jatim, Efendi ia memaparkan materi Quick Respon 33 (QR 33) sebagai Program Unggulan dari Senkom Jatim dalam membantu masyarakat dalam hal penanganan kecelakaan lalu lintas.


"Dalam peningkatan SDM yang Unggul, kita tidak melulu siap mengatasi keamanan dan kelancaran lalu lintas saja, tapi kita sigap dan cepat dalam membantu Kepolisian menangani korban kecelakaan," ujarnya. 


Sekretaris Senkom Jatim, Wahjoe memberikan materi terakhir menjelaskan sejarah Senkom Mitra Polri dan memberi motivasi Pengurus Senkom untuk lebih semangat dalam menjalankan tugasnya.


"Senkom Mitra Polri memiliki tiga kluster yang sudah MoU dengan pihak terkait, yaitu kluster kamtibmas dengan Mabes Polri, kluster penanganan bencana dengan BNPB dan kluster bela negara dengan Kemenkumham, ini menjadi program unggulan Senkom Mitra Polri," ujarnya.


"Semoga dengan konsolidasi ini, Anggota Senkom lebih semangat bertugas dan dapat menjalankan roda organisasi sesuai aturan yang berlaku serta kaderisasi organisasi tetap berjalan lancar," tutupnya.