Kota Tegal [Bhayangkaranews.id] - Kapolres Tegal Kota AKBP Rahmad Hidayat menginstruksikan jajaran Bhabinkamtibmas selalu peka dan siaga untuk mengantisipasi bencana alam. Mereka diminta berkoordinasi dengan Tiga Pilar untuk memitigasi potensi bencana alam.



"Hujan mulai berlangsung setiap hari, waspadai bencana banjir di saat musim penghujan dan cuaca ekstrim yang tidak bisa di prediksi, "ungkap Kapolres di halaman Mapolres, Senin (28/11/2022)


Menurutnya sebagai garda terdepan Kepolisian diwilayah, Bhabinkamtibmas agar dapat berperan aktif dalam menciptakan situasi yang kondusif. Salah satunya dengan upaya dan langkah dini guna mengurangi dampak akibat bencana alam.


Datakan wilayah potensi bencana yang ada diwilayah binaannya. Sosialisasi dan sebar nomor darurat kepada warga yang rawan terkena dampak bencana diwilayah binaanya.


"Lakukan koordinasi secara terpadu dengan unsur Tiga Pilar di Kelurahan serta instansi terkait agar sewaktu-waktu siap dan mudah digerakkan,” tambahnya 


Sementara berkaitan dengan bencana alam gempa di Cianjur Jawa Barat, Kapolres menambahkan Polres Tegal Kota telah menggalang dana kemanusiaan dari para personel Polres dan Polsek jajaran guna meringankan beban korban gempa.


"Aksi kemanusiaan ini sebagai bentuk kepedulian antar sesama dalam membantu meringankan beban saudara-saudara kita para korban bencana alam di Cianjur,” ungkapnya 


Selain pengalangan dana pihaknya juga mendorong dan mengetuk hati kemanusiaan dengan mengumpulkan bantuan logistik lainnya. Seperti pakaian pantas pakai, makanan atau keperluan lainnya yang sangat dibutuhkan.


Menurut Kapolres, aksi sosial tersebut penting dilakukan karena korban gempa yang kini hidup di pengungsian dalam keterbatasan, sebab rumah mereka luluh lantak akibat gempa," pungkasnya.[humas]