Padang Lawas, [bhayangkaranews.id] - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas (Palas) melaksanakan Upacara memperingati Hari Pahlawan Nasional ke 77, berthemakan "Pahlawanku Teladanku" di lapangan perkantoran SKPD Terpadu Sigalagala, Sibuhuan, Kamis (10/11/2022).




Inspektur Upacara Hari Pahlawan Nasional ke 77 tahun 2022, Kapolres Padang Lawas, AKBP. Indra Yanitra Irawan, SIK,. M.Si yang diikuti seluruh pimpinan OPD Pemkab Padang Lawas, para JPU Polres Padang Lawas, Pabung Kodim 0212/ TS, para Guru dan Organisasi Kepemudaan. Pidato tertulis Menteri Sosial RI, Tri Rismaharini yang dibacakan Kapolres Padang Lawas, AKBP. Indra Yanitra Irawan, SIK,. M.Si  dalam rangka Hari Pahlawan menyapaikan kita hidupkan kembali dalam benak kita perjuangan para pahlawan bangsa.


Lanjut Kapolres, dari para pejuang yang gugur dalam palagan pertempuran mempertahankan kemerdekaan dengan hanya berbekal bambu runcing pun para pahlawan dengan semangat bergerak serempak menghadang musuh. Bergandeng tangan dengan para tokoh masyarakat dan pemuka agama serta pengikut dan santrinya, bersama laskar-laskar pemuda, pejuang dari saentro Nusantara semuanya melebur menjadi satu, dengan menyerukan "Merdeka atau Mati," katanya.


"Perlu diketahui, hari ini pun kita berada dalam perjuangan besar menaklukan ancaman dan tantangan yang nyata-nyata ada dihadapan kita, yakni permasalahan global yang memicu beragam bencana alam dan kelangkaan pangan, energi maupun air bersih. Kita harus perlu persiapan dengan matang dan sungguh - sungguh," harapannya.


Untuk itu, kita harus meneruskan Pembangunan dan Pemanfaatan  Energi Baru. Melakukan Pengembangan Sumber Pangan berbasis potensi dan kearifan lokal sebagai solusi memenuhi kebutuhan pangan serta memperkuat ketahanan pangan. Mengelola Sumber Daya Air secara bijak untuk menjamin keamanan dan ketersediaan Sumber Daya Air yang diharapkan dapat menopang keberlangsungan hidup dari kehidupan generasi kini dan generasi mendatang dengan lebih baik.


Tidak mudah memang. Namun para Pahlawan kita telah memberikan teladannya. Mereka telah mengajarkan kita kebersamaan, sehingga jejak kemenangan niscaya akan berada dalam genggaman 


Melalui senjata, pemikiran dan melalui karya - karya para Pahlawan Bangsa telah mengajarkan kita bahwa Bangsa kita bukan pecundang. Kita tidak akan rela untuk bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar apapun ancaman dan rintangan akan kita hadapi dengan tangan mengepal serta dada menggelora.


Dari Aceh hingga Papua, saya melihat dan merasakan geliat serta semangat untuk bangkit makin menyala. Masyarakat juga menyuarakan untuk berantak kebodohan dan perangi kemiskinan dalam arti yang luas. Mulai dari meningkatkan pengetahuan, melatih keterampilan, membudidayakan tanaman dan mengelola hasil bumi.


Saudara - saudara sebangsa dan setanah air. 

Teladan dari para Pahlawan Bangsa telah merasuk Sukma, kiranya menjadi semangat kita di Peringatan Hari Pahlawan Tahun ini, "Pahlawanku Teladanku" dengan semangat "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat. Dalam peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dalam membantu sesama tanpa memandang ras, suku dan agama. Jangan kita mau dipecah belah, ingatlah Slogan Bhinneka Tunggal Ika. 


Mari kita jadikan momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan Negara RI. Jadikanlah semangat dan nilai - nilai kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dalam kehidupan kita bersama, ungkap Kapolres.


Disela rangkaian kegiatan upacara peringatan Hari Pahlawan tahun 2022 ini, Pemerintah Daerah Padang Lawas menyerahkan Santunan Tali Asih kepada keluarga Veteran Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Pelataran Kantor SKPD Terpadu Sigalagala. 


Prosesi penyerahan Santunan Tali Asih diserahkan langsung Kapolres Padang Lawas, AKBP. Indra Yanitra Irawan, SIK,. M.Si bersama Kajari Padang Lawas, Teuku Herizal, SH,. MH dan Sekda Palas, Arpan Nasution, S.Sos kepada penerima yang diwakili pihak keluarga Veteran tersebut. 


Pihak keluarga penerima Santunan Tali Asih, antara lain Nurlom Pasaribu, istri dari almarhum Veteran Herman. Maryam istri almarhum Veteran Palit Harahap dan Hj. Amna Sari Hasibuan istri almarhum Veteran Baharuddin Lubis. 


Mewakili Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt,. MM,. M.Si, Sekda Palas, Arpan Nasution, S Sos mengatakan pemberian santunan tali asih  ini, sebagai bentuk perhatian Pemkab Palas terhadap keluarga Veteran.


"Semoga kegiatan ini bermanfaat dan membawa berkah bagi kita semua bersama seluruh masyarakat Padang Lawas. Selamat memperingati Hari Pahlawan Tahun 2022. Pahlawanku Teladanku, ujar Sekda. 


Kegiatan Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2022 ini dihadiri Pabung Kodim 0212 TS, Kapten. Arh. Saleh Hasibuan, Kakan Kemenag Palas, H. Abdul Manan dan sejumlah tamu undangan lainnya. Juga para pimpinan OPD Pemkab Palas, Kadis Kominfo Palas, Asgustina Ritonga, SH, Kadispora dan Parawisata Palas,  M. Rasyidi Hasibuan, Inspektur Palas, Harjusli Fahri Siregar, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Palas, Leli Ramayulis, SKM, Kepala Dinas P2KBP3K (Pengendian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Palas, Hj. Markia Hasibuan dan Kadisdukcapil Palas, Dra. Nelli Suriani Hasibuan.  (YM).