Ciamis -[ bhayangkara news id ]  Polsek Banjarsari Polres Ciamis Polda Jabar secara cepat mendatangi lokasi kejadian bencana alam batu longsor di Dusun Karangwakal Rt. 02 Rw. 01, Desa Kawasen, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Rabu (09/11/2022).

Pada saat itu, Kapolsek Banjarsari Kompol Ma'mun Murod bersama Camat Banjarsari mendatangi langsung lokasi kejadian bencana alam batu longsor yang menutup akses jalan penghubung Banjarsari-Pangandaran. Batu berukuran besar longsor hingga menutupi akses jalan Desa.

Kapolsek Banjarsari Kompol Ma'mun Murod mengatakan, berawal dari laporan masyarakat bahwa telah terjadi bencana alam batu longsor pihaknya secara cepat langsung mendatangi lokasi kejadian. Pihaknya hadir untuk mengecek situasi, melakukan pendataan, serta ikut membantu masyarakat melakukan evakuasi.

"Polri hadir tidak hanya sebagai penegak hukum, tetapi juga dibidang sosial masyarakat sesuai dengan tupoksi yakni, Pelindung, Pengayom dan Pelayan. Sehingga Polri ada benar-benar memberikan manfaat untuk masyarakat," kata Kompol Ma'mun Murod.

Kapolsek Banjarsari menuturkan, batu longsor ini mengakibatkan tertutupnya akses jalan penghubung alternatif menuju Pangandaran. Tidak hanya itu, ratusan Kepala Keluarga terisolir akibat terputusnya akses menuju ke lokasi.

"Batu longsor ini terjadi pada Rabu (9/11) sekitar pukul 08.00 WIB. Batu yang longsor berukuran Panjang kurang lebih 10 Meter Lebar 7 Meter dan Tinggi 8 Meter yang menutupi akses jalan Desa yang menghubungkan Dusun Karangwakal Desa Kawasen dengan Desa Kawasen. Tidak hanya itu, sebanyak 114 KK terisolir," tutur Kompol Ma'mun Murod.

"Dengan adanya kejadian tersebut perlu secepatnya upaya evakuasi karena dengan terputusnya akses jalan tersebut masyarakat harus memutar arah melalui Desa Panyutran Kecamatan Padaherang Kab Pangandaran dengan jarak kurang lebih 25 Kilometer," kata Kompol Ma'mun Murod menambahkan.

Kapolsek Banjarsari berpesan kepada masyarakat untuk tetap selalu waspada terhadap bahaya bencana alam. "Kami minta masyarakat untuk tetap waspada terhadap bahaya bencana alam, mengingat situasi saat ini sudah memasuki musim penghujan. Bagi warga terisolir diminta untuk bersabar," tuturnya.

Deded