Jakarta. [ bhayangkara news id ] Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggunakan aplikasi yang berada di posko pengamanan untuk memantau kelancaran jalur kedatangan delegasi dan tamu VVIP Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Bali. Aplikasi tersebut juga memudahkan pergerakan anggota polisi lalu lintas di lapangan.

Kepala Korlantas Polri Irjen. Pol. Drs. Firman Santyabudi, M.Si., menjelaskan posko dengan aplikasi tersebut akan memantau para delegasi, mulai dari tiba di Bali hingga menuju tempat acara. Di posko, terdapat beberapa monitor yang berisi sejumlah gambar pergerakan petugas di lapangan, termasuk jalur yang akan dilewati delegasi.

"Misalnya, ada warna ungu menggambarkan posisi personel kami di jalan yang melakukan pengaturan lalu lintas. Kami bisa klik untuk mengetahui nama personel dan nomor teleponnya," jelasnya, Minggu (13/11/22). 

Selain itu, lanjut, Irjen. Pol. Firman Santyabudi, ada warna biru muda yang menggambarkan posisi kendaraan listrik untuk mengawal delegasi selama kegiatan di Bali. Ada juga warna biru tua, menggambarkan kendaraan yang menggunakan bahan bakar fosil.

"Jadi setiap pergerakan, kami pantau untuk memastikan mereka pada rute yang sudah ditentukan. Aplikasi ini akan membantu kalau terjadi sesuatu bisa lapor pada pihak komando untuk memberikan bantuan pada titik mana," ungkapnya.

Korlantas Polri menjelaskan, apabila dalam pengawalan terdapat hambatan, seperti kemacetan atau angin kencang saat melintas jalan tol, maka melalui aplikasi tersebut dapat menginformasikan kepada petugas di lapangan. Aplikasi itu juga dirancang untuk memantau kondisi cuaca yang terhubung dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). 

“Jika BMKG melaporkan terdapat kecepatan angin pada tol tersebut mencapai 50 Km/jam dan berbahaya bagi kendaraan yang melintas, maka petugas akan mengarahkan ke rute alternatif, upaya rekayasa sudah dilaksanakan termasuk informasi ke masyarakat pembatasan kendaraan besar yang akan melalui rute yang kami siapkan,” tutup Korlantas Polri. 

Sbr.Tribrata.
in Nasional
# G20 KTT G20 Korlantas Polri
SHARE THIS POST