*
Kab ciamis [ bhayangkara news id ] Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya Hadiri Pembukaan Paralympic Daerah (Peparda) VI Jawa Barat Tahun 2022,  pada (22/11), Bertempat di Nuanza & Conventions Hotel Cikarang, Kabupaten Bekasi. 

Perhelatan Pekan Paralympic Daerah (Peparda) VI Jawa Barat, secara resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Jawa Barat. 

Peparda VI Jabar 2022, digelar di Kabupaten Bekasi mulai 22 hingga 30 November 2022 mendatang. 
Sebanyak 2.553 atlet dari Kota/Kabupaten se Jawa Barat akan bertanding di ajang olah raga 4 tahunan ini. 

Seluruh atlet akan mengikuti 12 Cabang olahraga (Cabor) dan memperebutkan 939 medali emas. 

Sedangkan Kontingen Ciamis  berkekuatan 35 orang atlet dan akan bertanding di 7 Cabang Olah Raga. 

Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Setiawan Wangsaatmaja yang hadir mewakili Gubernur Ridwan Kamil untuk membuka Peparda VI Jawa Barat mendukung penuh penyelenggaran Peparda ini. 

Menurutnya, ada tiga hal yang menjadi tolak ukur kemajuan suatu daerah. Pertama pertumbuhan ekonomi dan infrasrukturnya, kedua pelayanan publiknya dan ketiga adalah Sumber Daya Manusia (SDM)-nya. 

Untuk itu, Setiawan Wangsaatmaja berharap agar seluruh pertandingan berjalan sportif dan peserta dari 27 Kabupaten/Kota menampilkan kemampuan terbaik pada Peparda VI Jawa Barat ini. 

“Sportivitas adalah common sense dari olahragawan. Jadi saya titip pesan kepada teman-teman semua yang menjadi atlet yang akan bertanding dan siap bertanding di hari-hari kedepannya, junjung tinggi sportivitas dan jangan pernah sekalipun menganggap remeh lawan-lawan yang dihadapi,” Jelasnya. 

Dalam kegiatan ini, ketua Umum National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Jabar, Supriatna Gumilar meyakini bahwa penyelenggaraan Peparda VI sebagai langkah dalam penjaringan bibit atlet untuk memperkuat prestasi NPCI Jabar. 

“Peparda VI ini menjadi ajang pencarian bibit atlet berpotensi untuk menambah prestasi dan membawa nama baik Jawa Barat di Peparnas nanti,” Ungkapnya. 

Selesai rangkaian opening, Bupati Herdiat sempatkan menemui para atlet Ciamis untuk memberikan motivasi untuk raih prestasi yang terbaik. 

Bupati Herdiat mengungkapkan bahwa Kontingen Ciamis pada Peparda VI ini, diharapkan bermain dengan maksimal juga pantang menyerah, dan mengutamakan sportifitas. 

"Para atlet Ciamis harus memiliki semangat juang yang tinggi, dan yang utamanya lagi harus sportif," Pungkas Bupati Herdiat. 

Hb048