Humbahas. Bhayangkaranews - Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Asisten Administrasi Umum Drs Janter Sinaga buka bazar pangan murah di Kabupaten Humbahas dipusatkan di Balerong Terminal Doloksanggul, Senin (7/11). Bazar ini akan berlangsung sellama dua hari, dan akan berlangsung 7-8 Nopember 2022.




Pemerintah Humbahas  yaitu Dosmar Banjar Nahor SE, mengapresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Bulog serta seluruh pihak terkait atas inisiasi dan kontribusinya dalam pelaksanaan bazar pangan murah. 


Dosmar SE,  menjelaskan bahwa pangan merupakan kebutuhan yang sangat krusial dan mendasar bagi kehidupan manusia. Sehingga pemenuhannya menjadi hak azasi untuk kelangsungan hidup setiap individu dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas,  Dalam menjaga ketahanan pangan, pemerintah berkewajiban menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok strategis termasuk mewujudkan keterjangkauan pangan bagi masyarakat, ungkap nya


Pada saat terjadinya inflasi, terjadi kenaikan harga-harga pangan pokok strategis yang mempengaruhi daya beli masyarakat. Maka untuk mengatasi dan mengurangi dampak inflasi dan sebagai bagian dari upaya stabilitasi pasokan dan harga pangan, perlu dilaksanakan bazar pangan murah. 


 Dan bupati Humbahas juga menambahkan“Berbelanjalah sesuai kebutuhan, jangan berlebihan. Dahulukan masyarakat, saudara-saudara kita yang membutuhkan dan yang kurang mampu. Semoga bazar ini berlangsung tertib, aman, lancar serta dapat membantu masyarakat” ajak Dosmar.


Sementara yang jadi dalam kegiatan tersebut, Sekretaris Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Damianus Lumbantoruan S.Sos menjelaskan pelaksanaan bazar ini difasilitasi Badan Pangan Nasional dan bekerjasama dengan Bulog, pelaku usaha, gapoktan dan kelompok tani. 


Tujuannya, menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan pokok dan strategis baik itu ditingkat produsen maupun konsumen. Kemudian meningkatkan keterjangkauan dan daya beli pangan pokok dan strategis bagi masyarakat.  Komoditas pangan bazar pasar murah antara lain beras, gula, minyak goreng, telur ayam, cabe merah, bawang merah dan komoditas pangan lainnya.  


Dan Masyarakat yang hadir  dalam acara tersebut , tak lupa mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Humbahas yang mengadakan bazar pasar murah. “Terimakasih banyak Kepada Pemerintah Humbahas atas diadakannya bazar ini, sehingga kami masyarakat sangat terbantu, kami sangat tertolong. Kami sangat senang” ucap warga hadir dalam acara itu.


Selain dihadiri masyarakat, pembukaan bazar ini juga diikuti Inspektur Kabupaten Drs BP Siahaan MM, Kadis Perhubungan, Plt Kadis Lingkungan Hidup, Plt Kadis Kopenaker, Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Kabag Perekonomian dan lainnya. (JunPur)