Ciamis -[ bhayangkara news id ]  Personel Polsek Cihaurbeuti Polres Ciamis Polda Jabar melaksanakan karya bakti bersama warga membersihkan material akibat bencana alam tanah longsor di Dusun Cigarunggang Rt.026 Rw.12, Desa Sumberjaya, Kecamatan Cihaurbeuti, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Minggu (06/11/2022).

Bencana alam itu terjadi pada Sabtu (05/11) malam sekitar pukul 19.00 WIB. Tanah longsor ini terjadi akibat hujan deras dengan intesitas tinggi melanda wilayah Cihaurbeuti sejak siang hingga malam hari dan kondisi TPT (tembok penahan tebing) yang mulai lapuk dan tanah tidak labil.

Tampak terlihat Bhabinkamtibmas Desa Sumberjaya Polsek Cihaurbeuti Bripka Narkun bergotong royong bersama warga membersihkan sisa-sisa material longsor. Anggota dan warga membersihkan tanah yang menimbun sebagian jalan desa dan merusak halaman rumah warga.

Kapolsek Cihaurbeuti AKP M. Farkhan mengatakan, kegiatan yang dilakukan oleh anggota Bhabinkamtibmas merupakan salah satu wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat. Karena Polri hadir ditengah masyarakat tidak hanya penegak hukum, tetapi juga dalam bentuk sosial sehingga memberikan manfaat dimanapun bertugas.

"Anggota kami hadir untuk melakukan pendataan sekaligus membantu masyarakat melakukan evakuasi material longsor. Selain itu juga melakukan koordinasi penanganan selanjutnya," katanya.

Kapolsek menambahkan, bencana alam tanah longsor ini tidak menimbulkan korban jiwa. Hanya menutupi akses jalan desa dan sedikit merusak halaman rumah warga.

"Akses jalan meskipun masih dalam tahapan evakuasi tetap bisa dilalui. Masyarakat bersama instansi terkait masih terus melakukan evakuasi material yang menutupi sebagian akses jalan desa," katanya.

Kapolsek berpesan kepada masyarakat untuk tetap selalu waspada terhadap bahaya bencana alam. Mengingat ini sudah memasuki musim penghujan.

Deded