Padang Lawas -bhayangkaranews - Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt., MM., M.Si resmi membuka perkemahan Bakti Saka Bhayangkara Tahun 2022 di Bumi Perkamahan Tor Sipiramanuk, Desa Surodingin Kecamatan Lubuk Barumun, Jumat (18/11/2022).




Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt., MM., M.Si, dan sebagai Komandan Upacara, Salsabila Callista Olivia Hasibuan dari Gugus Depan (Gudep) SMA N 1 dengan mengusung tema "Mendukung tugas Polri menjaga Kamtibmas guna mewujudkan Indonesia Maju, Indonesia Tangguh."


Upacara diawali penancapan Pusaka Ambalan Pahae Sosa Pahulu Barumun Kwarcab Padang Lawas yang menjadi motto kwarcab Padang Lawas.


Sandi Ambalas merupakan pernyataan hati Pramuka penegak agar Pramuka penegak memiliki sikap positif dan kreatif, sehingga bisa menjadi cerminan dalam kehidupan sehari - hari.


Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt., MM., M.Si yang juga sebagai Kamabicab Kabupaten Padang Lawas menyampaikan arahan saat membuka kegiatan perkemahan tersebut, beliau mengatakan, adik - adik sekalian bisa mengikuti Perkemahan ini dengan baik dan khimat.


Lanjut Zarnawi, kaum muda masa kini dihadapkan pada dua masalah besar, pertama berkaitan dengan masalah sosial mencakup banyaknya pengguna obat terlarang, pergaulan bebas akibat tingginya hubungan seksual pra-nikah, kekerasan dan kriminalitas, tuturnya.


Dalam lingkup kebangsaan pada bingkai NKRI, rendahnya solidaritas sosial, semangat berkebangsaan juga rendah, yang berdampak kurangnya semangat membela negara.


"Maka, dengan adanya kegiatan gerakan Pramuka ini, mari kita melaksanakan kegiatan yang positif serta meningkatkan rasa solidaritas antara sesama anggota dan saling mengingatkan untuk tidak terjerumus kepada hal - hal yang negatif," ungkap Zarnawi.


Sementara panitia pelaksana  Kasat Binmas Polres Padang Lawas, AKP. Rahmat Saleh Nainggolan, dalam pemaparan menyampaikan kegiatan Perkemahan Bakti Saka Bhayangkara Tahun 2022 ini dilaksanakan Polres Padang Lawas bersinergi dengan Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Padang Lawas bertemakan " Mendukung tugas Polri menjaga Kamtibmas guna mewujudkan Indonesia Maju, Indonesia Tangguh."


Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan pada perkemahan tersebut adalah pengetahuan Krida Tibmas, Krida Lantas, Krida TPTKP, Krida Penanggulangan Bencana, pengetahuan umum Pramuka, pengetahuan bela diri Polri, pelatihan kedisiplinan dan penyuluhan narkoba serta Polmas, terang Kasat Binmas.


Peserta dalam perkemahan pramuka Bakti Saka Bhayangkara ini diikuti Pramuka Penegak Kwarcab se- Padang Lawas sebanyak 524 peserta terdiri dari 213 peserta putra, 258 peserta putri dan 24 pembina putra, 29 pembina putri serta dihari Pembina Bakti Saka Bhayangkara Polres Padang Lawa, AKBP. Indra Yanitra Irawan, SIK., M.Si,  Kakan Kemenag Palas, H. Abdul Manan, MA, para Pimpinan OPD, Ka Kwarcab Pramuka Kabupaten Padang Lawas, Zainuddin, dan para Kwarcab Padang Lawas. (298-YM).