Padang Lawas,[bhayangkara news.id] - Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt,. MM., M.Si meresmikan pembangunan jalan sepanjang 23 kilometer dengan lebar jalan 11 meter yang dibangun oleh PT. Sumatera Riang Lestari (RSL) berlokasi di Desa Sungai Korang Kecamatan Hutaraja Tinggi Kabupaten Padang Lawas, Rabu (23/11/2022).




Camaat Hutaraja Tinggi, Sudaryono mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah dan terkebih masyarakat yang telah menghibahkan tanahnya, juga mengapresiasi pihak perusahaan PT. RSL yang turut mendukung kesejahteraan masyarakat dengan adanya jalan tersebut.


Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt., MM., M.Si mengatakan dalam sambutannya, peresmian jalan sepanjang 23 Km yang dilaksanakan hari ini diberi nama Jalan Tongku Mahkota Hasibuan. 


Peresmian jalan Tongku Mahkota Hasibuan dimulai pengguntingan pita dan ditandai penarikan selubung papan nama jalah selanjutnya penandatanganan prasasti oleh Plt. Bupati bersama Pimpinan PT. RSL.


Dikatakan Plt. Bupati AZP, jalan yang dibangun ini akan bermanfaat bagi masyarakat umum demi peningkatan ekonomi masyarakat diwilayah Kecamatan Hutaraja Tinggi ini.


"Akses jalan yang dibangun PT. RSL ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan dalam mendukung kemajuan pembangunan daerah untuk prasarana dan sarana vital yang sangat membantu peningkatan perekonomian masyarakat Hutaraja Tinggi," terangnya.


Lanjut AZP, ruas jalan yang dibangun adalah ruas jalan Garingging menuju Trans Aliaga Unit 1, 3 dan 4 Hutaraja Tinggi tembus sampai ke Desa Sungai Korang sepanjang 23 Km dan lebar 11 meter. 


"Pemda Padang Lawas memperkirakan biaya pembangunan jalan saja, diluar ganti rugi tanaman, diperkirakan menelan dana sekitar 100 miliar lebih," tutur Zarnawi.


Plt. Bupati Padang Lawas, menyampaikan, agar pihak perusahaan PT. RSL selalu merawat dan memelihara jalan ini secara rutin demi kelangsungan akses transportasi menuju jalan umum.


Sementara General Manager PT. RSL, Muller Tampubolon mengatakan, atas nama perusahaan kami mengapresiasi masyarakat lima Desa yang telah mendukung dan nengibahkan tanah secara sukarela untuk membangun jalan sepanjang 23 Km dan pembangunan jembatan dengan rentang 30 meter serta BOX Cartfer 30 unit.


"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Padang Lawas dan Kecamatan Hutaraja Tinggi serta masyarakat yang mendukung kegiatan operasional PT. RSL yang bergerak dibidang Hutan Tanaman Industri (HTI), imbuhnya.


Diakhir kegiatan peresmian jalan, dilaksanakan pemberian santunan kepada puluhan anak yatim, pemberian cendramata kepada pihak PT. RSL dan Plt. Bupati bersama Kapolres mangulosi pimpinan Perusahaan dan jajarannya.


Hadir dalam peresmian ini, Kapolres Padang Lawas, AKBP. Indra Yanitra Irawan, SIK., M Si,  Asisten Bupati, Kepala Desa se-Kecamatan Hutaraja Tinggi, pimpinan OPD, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Hatobangon, Tokoh Adat, perwakilan perusahaan, PT. MAI, PT. VAL, PT. DNS, PT. PHI, PTPN IV SOSA, pimpinan Cabang Bank Sumut Sibuhuan, Indra Syah Edison, Ormas PP, Ormas Pemuda Batak Bersatu dan Badan Kerjasama Antar Gereja serta undangan lainnya. (298-YM).