Tasikmalaya [ bhayangkara news id ] Polres Tasikmalaya Polda Jabar.
Pada hari Selasa tanggal 15 November 2022 sekira pukul 08.30 wib bertempat di SDN 2 Ciawang Rt 016/ 004 Desa Ciawang Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya telah terjadi keracunan massal yang di alami oleh 7 orang pelajar  siswa siswi SDN 2 Ciawang Desa Ciawang Kecamatan  Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya.

Adapun kronologis kejadiannya, "Terjadinya keracunan diduga berasal dari jajanan berupa *Cikbul (Ciki ngebul)* yang di jual oleh pedagang atas nama *Reza Fahlepi* yang beralamat di Kampung  Sayuran Rt 04 / 05 Desa Padakembang Kecamatan Padakembang. 
Adapun tindakan yang dilakukan oleh pihak Kepolisian, "Piket Polsek Leuwisari  Aipda Herry Kurniawan, Aipda Gendro Sujadi dan Bripka Asep Parid, yang dipimpin langsung oleh Kapolsek Leuwisari Iptu Dudung Supriatna, SH. Dengan sigap mendatangi TKP  bersama Unit Inafis dan langsung dilakukan olah TKP serta mendata korban keracunan, dan diketahui korban  berjumlah 7 orang pelajar siswa dari SDN 2 Ciawang.
Dsn dengan segera para petugas membawa korban ke puskesmas Leuwisari dan  dilakukan observasi oleh para  Nakes Puskesmas Leuwisari. 

Petugaspun pada saat itu langsung mengamankan Penjual jajanan "Cikbul" dengan beberapa alat bukti bersama dengan tim Unit Inafis Sat Reskrim ke Mapolres Tasikmalaya guna untuk di mintai keterangannya.

Dari hasil observasi tim Nakes Puskesmas Leuwisari diketahui bahwa dari 7 anak anak  siwa yang keracunan tersebut adalah masing masing atas nama,
1. Irsyad (kls 6)
2. Mulky Gani (kls 4)
3. Ripky (kls 3)
4. Saepul (kls 3)
5. Ismail (kls 4)
6. Zidan (kls 5)
7. Zidan (kls 6)

Dari ke 7 Anak siswa SDN 2 Ciawang tersebut dipulangkan ke rumah masing masing sebanyak 6 siswa sedangkan yang di rujuk ke RS SMC 1 orang atas nama Irsyad (kls 6) lahir 30 November 2009, yang beralamat di Kampung Hegarmanah Rt 011/ 003 Desa Ciawang Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya.

Adapun para saksi yakngmengetahui awal kejadiannya yakni, 
Yani (wali kelas 6) tempat tgl lahir Tasikmalaya 21 Agustus 1964, pekerjaan Guru/PNS, alamat Kampung Cikeleng Rt 019/ 004 Desa Arjasari Kecamatan leuwisari Kabupaten Tasikmalaya.
Tantan tempat tgl lahir Bandung 02 April 1982 pekerjaan Ibu rumah tangga, alamat Kp.Tanjung Rt 012 Rw 003 Desa Ciawang Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya.

"Dikatakan oleh Kapolsek Leuwisari, bahwa dari Kejadian ini hendaknya dijadikan pembelajaran oleh kita semua, agar pihak orang tua dan para guru dapat mengawasi putra putrinya dalam mengkonsumsi makanan yang dibelinya, Dan kami harap berilah pemahaman pada anak anak tentang makanan yang sehat dan bergizi, ( hygienis) yang boleh dibeli dan yang tidak, karena makanan banyak yang warnanya dan  tampilannya menggiurkan bagi anak anak namun ternyata tidak sehat untuk dimakan, Dengan demikian agar tidak merusak kesehatan dan mengganggu belajarnya anak anak, sebaiknya para orang tua dan para guru terus untuk memonitornya ." Ungkap Kapolsek leuwisari, 
IPTU DUDUNG SUPRIATNA. SH. 
16/11/2022

Deded