Humbahas, Bhayangkaranews - Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE buka sosialisasi inventarisasi dan verifikasi Penyelesaian Penguasaan Tanah dalam rangka Penataan Kawasan Hutan (PPTKH), kegiatan tersebut berlangsung rabu (9/11) bertempat di Hotel Ayola Doloksanggul.



Yang  Tampil  sekaligus sebagai nara sumber, Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan dan Tata Lingkungan Wilayah I Pernando Lumbantobing SP MSi, Pengendali Kajian Dampak Lingkungan Hidup Dinas Kehutanan Sumut Tumpak Dolok Siregar S,Hut, Koordinator Substansi LR Kantor Wilayah BPN Sumut Marulam Siahaan MM. Dengan moderator Plt Kadis Lingkungan Hidup Humbahas Halomoan Simanullang.  


Dosmar mengatakan di Kabupaten Humbang Hasundutan banyak terdapat kawasan hutan yang telah diusahai dan dikuasai masyarakat menjadi area pertanian dan perkebunan. Bahkan sudah ada menjadi pemukiman termasuk fasilitas umum. Ini merupakan permasalahan besar yang harus cepat diselesaikan. Ucap Dosmar,


“Dalam acara  sosialisasi ini, juga  hadir dari perwakilan 10 kecamatan. Ini kesempatan yang sangat berharga bagi kita. Karena sering konflik tanah di Humbang Hasundutan. Termasuk masalah besar, semoga cepat terselesaikan.


 Dosmar Banjarnahor SE, juga mengatakan, Membuat sertifikat itu tidak gampang, ada syarat-syarat yang perlu dilengkapi. Sehingga dikemudian hari tidak terjadi permasalahan. Jadi apa yang disampaikan para nara sumber, agar benar-benar diikuti dengan baik. Makanya Camat dan Kepala Desa terkait diundang dalam sosialisasi ini” tegas nya.


Dosmar Banjarnahor SE,menambahkan, bahwa Pemkab Humbahas sangat serius untuk menyelesaikan permasalahan tanah. Berharap Setelah ada sosialisasi ini, akan segera ditindaklanjuti dengan TORA (Tanah Objek Reforma Agraria) di Kabupaten Humbang Hasundutan.  


Dalam acara tersebut juga, Kepala Balai Pemantapan Kawasan Hutan dan Tata Lingkungan Wilayah I Pernando Lumbantobing SP memberikan SK Tim Inventarisasi dan Verifikasi PPTKH dan SK Indikatif TORA ke Pemkab Humbahas dan diterima langsung Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE.  


Dalam acara Sosialisasi ini juga dihadiri Sekda Drs Tonny Sihombing  yang merupakan Sekda humbahas, dan  para pimpinan OPD Pemkab Humbang Hasundutan. (JunPur)