*

Kab Bandung, [ bhayangkara news id ]- Komandan Sub 3 Margahayu Sektor 7 Satgas Citarum Harum Serka Agus kerahkan anggotanya untuk melaksanakan pembersihan sampah dan rumput liar di aliran anak sungai Cimariuk Desa Sayati Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung, Minggu ( 06/11/2022).

Terpantau di lokasi Satgas melakukan pembabatan rumput liar dengan menggunakan mesin pemotong rumput dan alat manual lainnya, kendati demikian Satgas tetap melakukan pembersihan secara maksimal sehingga sungai nampak bersih dan bantarannya menjadi rapi.
Kesan liar, seram dan kumuh kini sudah tidak nampak lagi di sungai dan anak sungai yang berada di wilayah Sektor 7, selain aliran sungainya lancar airnya pun bersih sehingga fungsi sungai kembali normal.

Serka Agus menyampaikan, jika pembersihan baik rumput liar maupun sampah kita lakukan secara rutin, maka hasilnya pun akan lebih terlihat, karena hal tersebut masuk ke dalam ranah perawatan daerah aliran sungai.

"Jika sungai tidak kita rawat dan jaga, apalagi sama sekali tidak ada sentuhan untuk membersihkannya, tentunya sungai akan sangat kotor, kumuh dan menyeramkan karena bisa saja menjadi sarang binatang berbisa," ucapnya.

Kita bisa lihat sendiri, lanjut Agus, hasil dari perawatan sungai ini, bersih dan rapih, perawatan sungai bisa dilakukan dengan pembersihan, sementara pengontrolan atau pengawasan bisa kami lakukan dengan cara patroli.

"Dua hal yang paling mendasar antara perawatan dan pengawasan sangat di perlukan dalam menjaga pelestarian guna menjaga keseimbangan ekositem yang ada di daerah aliran sungai," jelasnya.

Pihaknya berharap, jika bantarannya rapih, sungainya bersih, aliran airnya lancar tentu kita pasti akan merasa senang, karena keasrian yang kita harapkan benar-benar bisa terwujud dengan nyata.

Tentunya kami tidak akan pernah berhenti mengajak kepada warga masyarakat agar lebih berperan aktif dalam pelestarian lingkungan, kami juga tegaskan, "Jangan membuang sampah sembarangan terutama ke daerah aliran sungai," tutupnya. (Pendam III/Siliwangi).

Hb048