Alhamdulillah, hari ini kita FOLAL 1 (Forum Komunikasi Anak Langkat Bersatu) kembali mengajukan usulan kepesertaan BPJS/KIS ke Dinas Sosial Kabupaten Langkat sebanyak 483 warga masyarakat dari 4 Kecamatan yakni Gebang, Tanjung Pura, Padang Tualang dan Barang Serangan. 

Fokal1 sendiri adalah sebuah wadah bentukan dari Tokoh Pemuda Langkat Bapak Ariffani, SH yang juga Ketua Badan Advokasi Hukum (BAHU) Partai Nasdem Sumatera Utara. FOKAL 1, hadir sebagai wadah masyarakat yg  berperan untuk berpartisipasi Pemerintahan Kab Langkat, dalam membantu warga masyarakat dari berbagai bidang sosial, sperti RUMAH PEDULI ADMNISTRASI KEPENDUDUKAN, Pelatihan Penguatan ekonomi masyarakat lewat pelatihan pembuatan Sabu Cuci piring, baju dan lantai, serta Bantuan Hukum. Kesemua layanan ini diberikan secara GRATIS atau tidak dipungut biaya. Sampai saat ini sdh lebih dari 17 Desa yng kami kunjungi, kata Ramadhan selalu koordinator bidang BPJS didampingi oleh Holding selalu koordinator Kabulaten. 

Disela sela persiapan kedatangan Calon Presiden Partai Nasdem ke Langkat, Ariffani selalu Ketua Pembina FOKAL1, menyampaikan pesannya, bahwa Semua layanan yang kita lakukan di FOKAL1 merupakan bagian dari aspirasi masyarakat yang selama ini merasakan ketidakmampuan dalam mengakses layanan sosial seperti BPJS/KIS, PKH dan Adminduk. Untuk itulah makan, kami hadir di tengah tengah masyarakat. Kita tau dayatampung anggaran APBD/APBN untuk BPJS ini belum dapat dirasakan oleh semua masyarakat, oleh karenanya dengan bukti banyaknya usulan warga masyarakat ini, maka akan menjadi cambuk bagi pemerintah untuk mengambil kebijakan penganggaran nya. 

Kami bersyukur, ada pak Ariffani dan Fokal1 yang mau membantu kami, selama ini kami nggak tau harus bagaimana untuk bisa dapat BPJS/KIS dan KIP,, padahal orang lain bisa dapat, kata kak Amah seorang warga Desa Kuala Langkat. 

Untuk itu, FOKAL1 akan terus bergerilya, ke seluruh desa desa di Langkat, dan kita akan membuka pos pos di 5 Kecamatan di Langkat, tutup Ariffani, SH. 

(AA)