Humbahas, Bhayangkaranews - Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor SE, mendapat Kunjungan dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) (24/11) di ruang Kerja Bupati, Perkantoran Bukit Inspirasi, Doloksanggul.




Tim BRIN yang dipimpin Ketua Riset Kelompok Atsiri, DR Aswandi diterima langsung oleh  Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE, dan   di dampingi Ketua TP.PKK Humbang Hasundutan Ny Lidya Dosmar Banjarnahor, dan OPD , antara lain,  Plt. Kepala Dinas Koperasi, Perdagangan dan Tenaga Kerja, Christison Rudianto Marbun, M.Pd dan Kepala dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Humbang Hasundutan, Ir Junter Marbun M.M. 


Kelompok BRIN melakukan penelitian terhadap Kemenyan Sumatera (Styrax benzoin ) khususnya kemenyan Humbang Hasundutan. Dan Dari hasil penelitian mereka bahwa secara spesifik, kemenyan Humbang Hasundutan memiliki sebuah zat yang membedakannya dari kemenyan  lain pada umumnya, yakni adanya sebuah Incersone sebagai anti Depresan.


Penelitian ini, menghasilkan produk turunan dari Kemenyan Humbang Hasundutan berupa parfum, serum, juga body lotion. Pengolahan dan pembuatan produk turunan ini diharapkan bisa diajarkan oleh BRIN kepada Masyarakat Humbang Hasundutan.  Oleh karenanya, BRIN Mengajak Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan Melakukan Kerjasama terkait Deliver Technology. 


Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE  sangat menyambut baik rencana kerjasama ini. Pemkab Humbahas berharap , agar pihak BRIN menyampaikan hal apa saja yang perlu di persiapkan untuk mewujudkan deliver tehnology ini. ‘Pastilah Kita setuju, kalau untuk Mendukung ekonomi Masyarakat (Petani Kemenyan. Red)’, tutur Bupati Humbang Hasundutan kepada Tim BRIN yang Hadir. 


Pada kesempatan itu, pihak BRIN menunjukkan produk hasil penelitian dari olahan Kemenyan yang dibawa kepada Bupati, ketua TP. PKK dan hadirin berupa Serum untuk kecantikan serta juga Parfum. (JunPur)