Jabar [ bhayangkara news id ] Polda Jawa Barat mengerahkan 260 ribu personel yang disebar di berbagai titik objek vital untuk mengamankan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Kapolda Jabar Irjen Pol. Drs. Suntana, M.Si. mengatakan ratusan ribu personel itu dikerahkan dalam Operasi Lilin Lodaya 2022 mulai 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023. Selain itu, personel itu dikerahkan untuk menjaga lokasi wisata.

"Seluruh jalur, jalan alternatif, dan tol kita laksanakan (pengamanan) untuk Malam Misa Natal dan hari berikutnya. Kita akan lakukan pergeseran di beberapa tempat untuk melakukan monitoring," ujarnya usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2022 di Depan Gedung Sate, Kota Bandung, Kamis 22 Desember 2022.

Di wilayah hukum Polda Jawa Barat, menurutnya, ada 326 pos pengamanan yang didirikan. Pos pengamanan di berbagai titik itu terdiri atas pos pengamanan terpadu, pos pengamanan lalu lintas, hingga pos pelayanan masyarakat.

Di samping itu, kata dia, pihaknya meningkatkan deteksi dini terhadap ancaman atau pergerakan terorisme. Seluruh personel yang terlibat Operasi Lilin Lodaya 2022 dan jajaran polres hingga polsek diperintahkan untuk mendeteksi ancaman itu.

"Bila ada informasi yang kami terima dan kami kembangkan akan menjadi gangguan maka segera kami laksanakan sesuai aturan," katanya.

Berbagai lokasi yang menjadi objek sasaran pengamanan, mulai dari 1.210 gereja, 334 tempat ibadah, 598 objek wisata, 60 terminal, dan 138 pusat perbelanjaan (mal).

Setelah masa Operasi Lilin Lodaya 2022 usai, menurutnya, Polda Jawa Barat bakal menggelar Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) guna memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat berjalan kondusif."**


Hb048