Penghujung tahun 2022, klub sepatu roda Bintang Medan Roller Skate (BMRS) berhasil meraih 9 medali pada Kejuaraan Melaka Open Speed Skating Challenge 2022 di Stadium Tun Fatima, Melaka, Malaysia, 16-17 Desember, kemarin. 

Pada kejuaraan tersebut diikuti 5 negara. Klub Bintang Medan hanya mengirimkan 5 orang atlet namun mampu meraih 9 medali dengan  terdiri 4 emas, 1 perak dan 4 perunggu. 


Raihan 4 medali emas tersebut disabet atlet Bintang Medan, Bagas Fathin Arkana dan Zifa Az Zahra Harahap.

Ketua Umum Bintang Medan Roller Skate (BMRS), Taufik Budi Lubis mengatakan, kejuaraan Melaka Open Speed Skating Challenge diikuti 5 negara dan Bintang Medan hanya mengirimkan 5 atlet belianya dalam kejuaraan tersebut sebab atlet yang lain sedang berlaga di kejuaraan nasional sepatu roda Piala Ibu Negera (PIN) kejuaraan sepatu roda Bekasi Open 2022. Kelima atlit tersebut yakni, Muhammad Alif Fatir, Bagas Fathin Arkana, Zifa Az Zahra Harahap, Caesa Al Rozak dan Aqila Syifa Annur. "Kami hanya mengirimkan 5 orang atlet pada kejuaraan Melaka Open Speed Skating Challenge, karena pada waktu yang bersamaan atlet kami sedang berlaga kejuaraan nasional Piala Ibu Negara (PIN) di Jakarta dan kejuaraan sepatu roda Patriot Championship Bekasi Open 2022" ujarnya.

Budi juga mengatakan, 4 medali emas tersebut direbut Bagas Fathin Arkana dan Zifa Az Zahra Harahap. Bagas Fathin berhasil merebut 2 medali emas dari kategori Speed Kelompok Usia (KU) B nomor 400 dan 800 meter dan 1 medali emas dari nomor relay 3.600 meter. Sedangkan, Zifa Az Zahra Harahap mendulang medali emas dari nomor relay 3.600 meter.


"Medali perunggu disumbangkan atlet lainnya yakni M Alif Fatir dari kategori Speed KU A nomor 800 meter dan Caesa Al Rozak di kategori Speed junior nomor 10.000, 5.000 dan 400 meter," kata Budi dihubungi wartawan, Selasa sore (20/12/2022)

Kemudian Aqila Syifa Annur juga meraih perunggu di kategori speed KU C di nomor 2.000 meter dan perak 3.600 meter dari nomor relay.

Budi mengaku, pihaknya sangat bersyukur atas hasil gemilang yang didapat para atletnya yang berlaga di Malaysia. 

Pada kesempatan lain, atlet binaan klub Bintang Medan Naufal Dzaky berhasil meraih medali perunggu pada Kejuaraan Nasional Piala Ibu Negara (PIN), di Jakarta, pekan lalu.


"Kami sangat bersyukur dengan hasil ini. Apalagi atlet kami yang bertanding di kejuaraan tingkat nasional Patriot Championship Bekasi Open 2022, Bekasi meraih 2 medali perak dan 6 perunggu. Prestasi ini membuat keluarga besar Bintang Medan bahagia," ucapnya.

"Ini kado di penghujung tahun 2022 dari atlet kami untuk klub. Prestasi ini juga menjadi kado terindah untuk Bintang Medan yang akan berulang tahun ke-10 pada tanggal 29 Desember nanti," ujarnya.

Pelatih Kepala Bintang Medan Roller Skate, Samphan Im Arom secara terpisah saat dihubungi mengingatkan para atletnya agar tidak berpuas diri.

"Saya bersyukur dengan hasil ini. Pada 3 kejuaraan yang digelar di waktu hampir bersamaan, atlet Bintang Medan yang bertanding mampu menunjukkan hasil yang positif," ucapnya.

Samphan memastikan, pihaknya akan tetap melakukan evaluasi secara menyeluruh kepada setiap atlet. Menurutnya, atlet sepatu roda Bintang Medan masih memiliki banyak kekurangan. "Evaluasi pasti tetap dilakukan, saya harus akui, masih banyak kekurangan kami," tutupnya. AG007