Padang Lawas- bhayangkaranews, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Padang Lawas melaksanakan ujian tertulis sistem CAT terhadap 467 para calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK)  yang telah lulus administrasi.


Kegiatan pelaksanaan ujian tertulis sistem CAT digelar selama 2 hari, dimulai tanggal 6 - 7 Desember 2022 di Aula Hotel Al- Marwah Jalan KH. Dewantara Sibuhuan. 


Ketua KPU Kabupaten Padang Lawas, Indra Syahbana Nasution, SH melalui Komisioner KPU Devisi Teknik, Rahmat Habibsaran Daulay, Selasa (06/12/2022) mengatakan ujian tertulis bagi para calon anggota PPK dibagi dalam lima (5) sesi untuk dua (2) hari kegiatan diikuti 467 peserta.


Hari pertama ujian tertulis bagi calon anggota PPK, Selasa (06/12/2022) di mulai pukul. 10.00 - 11.30 WIB  diikuti 100 orang peserta yang berasal dari 4 Kecamatan, meliputi Kecamatan Aek Nabara Barumun, Barumun dan Barumun Barat.


Sedangkan untuk sesi ke dua (2) dimulai pukul 13.30 - 15.00 WIB diikuti 100 orang peserta dari 5 Kecamatan  yaitu Kecamatan Barumun Baru, Barumun Selatan,  Barumun Tengah, Batang Lubu Sutam dan Huristak, kata Rahmat.


Selanjutnya, untuk hari kedua, Rabu (07/12/2022) sebanyak 267 orang peserta mengikuti ujian tertulis sistem CAT terbagi dalam tiga sesi.


"Untuk sesi pertama diikuti 20 orang peserta dan dimulai pukul 08.30 - 10.40 WIB meliputi Kecamatan Huristak, Hutaraja Tinggi, Lubuk Barumun, dan Barumun," ungkap Rahmat.


Para peserta ujian harus mengikuti tata tertib dari Panitia, yaitu peserta menggunakan perangkat ujian yang telah disediakan. Durasi waktu pengerjaan 90 menit dengan 70 soal. Sebelum mengerjakan soal, pastikan perangkat dan aplikasi sudah terbuka dan peserta dapat mengerjakan soal setelah ada persetujuan dari panitia. 


Peserta yang terlambat bergabung dan terlambat membuka soal, waktu pengerjaannya tetap sesuai jadwal yang telah ditetentukan dan tidak ada penambahan waktu. Peserta ujian harus menjunjung tinggi integritas dan kejujuran dalam mengikuti seleksi. Peserta harus menyimpan satu soal yang telah selesai dikerjakan baru dapat mengerjakan soal betikutnya.


Selamat peserta mengikuti ujian tertulis tidak diperbolehkan membawa alat komunikasi apapun. Juga peserta dilarang berkomunikasi dengan peserta lainnya kecuali dengan pengawas diruangan. 


Peserta tidak boleh memphoto, screenshoot atau merekam tampilan soal, tidak boleh mengganggu aktivitas peserta ujian tertulis dan tidak boleh melakukan kecurangan dalam bentuk apapun.


"Jika ada peserta ujian yang melanggar ketentuan atau pernyataan tersebut, maka panitia berhak mengeluarkan peserta dari ruang ujian. Peserta hanya dapat mengangkat tangan bila ada kendala dalam perangkat untuk segera ditangani dan melapor ke panitia," tegasnya.


Panitia berharap agar seluruh peserta yang mengikuti ujian tertulis sistem CAT hadir tepat waktu dan memakai pakaian rapi yang sopan sesuai ketentuan yang ditetapkan KPU Kabupaten Padang Lawas serta membawa peralatan alat tulis dan sebagainya. 


"Para peserta calon anggota PPK yang mengikuti ujian tertulis harus menjaga kedisiplinan dan ketertiban selama ujian berlangsung. 

(YM 298).