*

Kab IAMIS [ bhayangkara news id ]  Menjelang akhir tahun 2022 Pemerintah Kabupaten Ciamis terus menorehkan banyak prestasi dan penghargaan dari berbagai bidang. 

Kali ini Kabupaten Ciamis, dibawah kepemimpinan Bupati Herdiat Sunarya kembali meraih penghargaan di tingkat Provinsi Jawa Barat. 

Kabupaten Ciamis mendapat penghargaan sebagai Kabupaten Kota terbaik ke 3 se Jawa Barat dalam program inflasi unggulan juara lahir batin (Pinunjul) kategori Kabupaten Kota non Indeks Harga Konsumen. 
Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil kepada Bupati Ciamis Herdiat sunarya dalam acara West Java Annual Meeting Tahun 2022 bertempat di Hotel Intercontinental Bandung, Senin (19/12/2022). 

Penghargaan tersebut diraih atas inovasi Pemkab Ciamis dengan program cool storage nya yang dinilai mampu menjaga stabilitas harga dan ketersediaan ayam ras. Diawal pandemi Covid 19 sektor peternakan khususnya ayam terkena dampak sangat signifikan yang mengakibatkan banyak peternak merugi akibat diberlakukannya pembatasan aktifitas. Ayam terpaksa di jual murah karena di Ciamis belum tersedia tempat penyimpanan daging ayam skala besar. 

Dengan program tersebut telah membantu para peternak lokal yang ada di Kabupaten ciamis. 

Dimana cool storage ini mampu menampung 30 sampai 40 ton daging ayam serta dapat mengawetkan sampai dengan beberapa bulan.  Dengan adanya cool storage maka harga daging ayam bisa terjaga sehingga inflasi lebih bisa dikendalikan. 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Ciamis mengucapkan terimakasih dan merasa bangga atas penghargaan yang telah diraih oleh Kabupaten Ciamis. 

Menurutnya, menjadi juara bukan merupakan target utama, akan tetapi yang terpenting adalah program yang dilaksanakan dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat. 

"Sejak awal kita tidak menargetkan juara, yang terpenting adalah bagaimana dapat memberikan motivasi, begitu juga bagi kami pemerintah daerah semoga dapat meningkatkan kinerja kami menjadi lebih baik, " Ucapnya. 

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam sambutannya menyampaikan melalui kegiatan ini di tahun 2023 mendatang Jawa Barat mempunyai  benteng pertahanan yang baik serta mempunyai prediksi pertumbuhan ekonomi yang baik. 

"Insyaallah di tahun 2023 ekonomi Jawa Barat cerah, berita baik ini harus disikapi dengan kekompakan oleh para pemangku kepentingan, hasil dari kegiatan ini harus dijabarkan secara disiplin oleh kepala daerah, " Ucapnya. 

Ridwan Kamil juga menilai investasi dan ekspor Jawa Barat diprediksi akan sangat baik di tahun mendatang, dengan digitalisasi yang harus senantiasa ditingkatkan. 

"Contohnya pasar pasar jual belinya sudah jangan pake cash tapi pake QRIS misalnya, kemudian akses-akses keuangan juga kita tingkatkan dan masyarakat fokus belanja barang produk dalam negeri".

"Memantau urusan inflasi tim kita sudah canggih sudah ada program nya mudah-mudahan disepanjang tahun 2023 daya beli masih terjaga, " Pungkasnya.

Hb048