Singingi- bhayangkaranews, Di Akhir Tahun 2022 masyarakat Desa Inuman Kab. Kuantan Singingi melakukan panen Semangka Perdana melalui program  Kegiatan Ketahanan Pangan yg di atur melalui Permendagri minimal 20 persen Dari Dana Desa( DD)keputusan Mentri Desa,PDTT no.82 tahun 2022 tentang pedoman ketahanan pangan Di Desa PP 17 2015 tentang ketahanan pangan dan gizi serta peraturan Mentri pertanian no 1 tahun 2022.




Kegiatan tersebut Selain pemdes setempat turut hadir  Kasi PMD camat hulu kuantan Eka Handayani, Kapolsek Hulu kuantan AKP JOHARI,  SH. Pendamping Desa Yose.

 

Kades Inuman" Zuliandra Marna menggandeng warganya untuk memanfaatkan lahan tidur miliknya untuk dapat di jadikan lahan produktif dengan budidaya semangka, semangka yg di tanam merupakan semangka premium jenis golden yg mana kegiatan menanam hingga panen di lakukan secara gotong-Royong warga dan kedepannya akan di tanam semangka non biji.


Ujicoba tahap pertama ini dengan luasan 2.5 hektar menghasilkan panen lebih kurang 40 ton waktu 2.5 bulan.


Pemerintah Desa Inuman menyatakan ide ini muncul karena dampak pandemi covid 19 yg menghantam dua tahun belakangan ini maka pihaknya berinovasi untuk menutupi defisit ekonomi masyarakat melalui DD minimal 20 persen minimal untuk ketahanan pangan. 


Semangka di jual dengan harga 5000/kg ke konsumen dan hasilnya bisa sedikit membantu masyarakat pungkas kades zuliandra ". (Anton muslim)