*

Kab IAMIS [ bhayangkara news id]  - Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra memimpin upacara peringatan hari Ibu yang ke-94 tahun 2022 tingkat Kabupaten Ciamis bertempat di Taman Lokasana Ciamis pada Kamis (22/12/2022). 

Dalam amanatnya, Wabup Ciamis menyampaikan bahwa peran seorang Ibu atau perempuan sangatlah penting guna menentukan kualitas generasi bangsa dimasa yang akan datang. 

"Perempuan berperan penting dalam membentuk generasi bangsa yang berkualitas, sehingga begitu mulia dan pentingnya kehadiran dan peran seorang ibu dalam kehidupan ini,” terang Wabup Ciamis. 
Dijelaskannya, bahwa keberhasilan dan kemajuan suatu bangsa sangat dipengaruhi oleh kualitas seorang ibu dalam membesarkan anak-anaknya sebagai generasi penerus. 

"Untuk itu pada kesempatan ini kepada seluruh perempuan dan ibu-ibu di kabupaten ciamis kami ucapkan “selamat hari ibu”, semoga segala jasa, perjuangan dan pengorbanan ibu-ibu semua yang tidak ternilai, senantiasa mendapatkan pahala yang berlimpah dari Allah SWT, " Ucapnya. 

Wabup berpesan agar sikap menghormati dan menyayangi ibu tentunya tidak hanya dilaksanakan dalam momentum hari Ibu saja, akan tetapi dapat dilaksanakan setiap saat. 

"Kita harus ingat, bahwa pada hakikatnya surga itu ada di bawah telapak kaki ibu," Jelasnya. 

Selain peringatan Hari Ibu, dalam kesempatan tersebut juga diperingati hari Bela Negara ke 74 dan Hari kesetiakawanan sosial nasional tingkat Kabupaten Ciamis. 

Dimana dalam kesempatan tersebut Wabup juga menyampaikan bahwa bela negara tidak hanya dilaksanakan ketika 
kondisi perang saja, tetapi dapat diimplementasikan dengan meningkatkan semangat, kesadaran dan nilai juang dalam melaksanakan tugas dan kegiatan 
sehari-hari. 

"Untuk itu saya mengajak marilah kita senantiasa menjaga dan memupuk semangat bela negara untuk kemajuan bangsa dan negara indonesia, sesuai dengan tema “bangkit bela negaraku, 
jaya indonesiaku”, ajak Wabup. 

Selepas upacara, acara dilanjutkan dengan berbagai penyerahan bantuan sosial dari Pemerintah Daerah diantaranya bantuan sandang bagi 8 orang lanjut usia dan pemberian bantuan peralatan sekolah bagi 192 anak yatim piatu.

Selain itu, bantuan juga diberikan dalam bentuk hibah bansos APBD Tahun 2022 kepada Karang Taruna Nusabhakti Maleber dan Karang Taruna Ginanjar Desa Baregbeg. 

Kemudian Pemberian bantuan sosial yang bersumber dari DBHCHT (Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau) kepada 24 Orang Buruh Pabrik Rokok, 121 Orang Buruh Tani Tembakau, 58 Orang Penderita Kanker, 127 Orang Penderita Talasemia serta 62 Orang Penderita Hemodialisa.

Penyerahan berbagai bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Wakil Bupati Ciamis, jajaran Forkopimda Ciamis beserta TP PKK Kab. Ciamis. 

Hb048