Padang Lawas, [bhayangkara news.id] - Plt. Bupati Padang Lawas, drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt,. MM,. M.Si bersama rombongan dari Forkopimda dan jajaran OPD Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padang Lawas menghadiri Perayaan Natal Oikumene BKAG Kabupaten Padang Lawas Tahun 2022 di halaman gereja HKBP Hutaraja Lamo, Kecamatan Sosa, Sabtu (03/12/2022).




Panitia Natal Oikumene Badan Kerjasama Antar Gereja (BKAG) Palas mengambil Thema "Pulanglah Mereka Kenegerinya Melalui Jalan Lain" (Mateus 2:12) dengan Sub Thema " Kehadiran Kristus Mengajarkan Kita Tentang Ketaatan  dan Khidmat Dalam Kebersamaan Sebagai Warga Kabupaten Padang Lawas Dengan Cinta Kasih Kristus "


Atas nama Pemerintah Kabupaten Padang Lawas, kami mengucapkan selamat memperingati Perayaan Natal Oikumene Tahun 2022," ucap Plt. Bupati AZP.


AZP juga mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada panitia atas undangan serta kerjasama masing-masing dengan sebaik-baiknya dan mengutamakan sikap toleransi terhadap sesama umat yang berbeda agama.


"Momen Natal Oikumene ini sebagai upaya menciptakan kehidupan yang aman, damai, makmur dan sejahtera. Memberikan aspirasi kepada kita untuk saling memperkuat semangat persaudaraan dan kekeluargaan sebagai bagian dari ke Bhinnekaan kita," ujar Zarnawi.


Lanjut Plt. Bupat, sesungguhnya pbinaan dan pembangunan dibidang agama mempunyai kedudukan dan peran penting sebagai bagian dari upaya meletakkan landasan moral serta spiritual yang kokoh bagi keberhasilan pelaksanaan pembangunan nasional maupun daerah.


Di Kabupaten Padang Lawas kekompakan dan toleransi masih terjaga antar sesama ummat beragama, dan saya berharap kepada ummat Kristiani yang ada di Kabupaten Padang Lawas ini agar dapat mengambil peran aktif dalam menjaga persatuan dan kesatuan baik sesama agama maupun antar ummat beragama. Kristiani saat ini.


Suasana Natal sebagaimana yang dirasakan ummat Kristiani saat ini suasana damai dan berkerukunan yang menjadi cita-cita kita untuk menciptakan suatu tatanan bagi Kabupaten Padang Lawas yang damai, adik dan harmonis, bebas dari konflik kekerasan dan penindasan, harapannya.


Sebelumnya, Ketua Panitia Natal Oikumene BKAG Palas Tahun 2022, Pdt. Sumihar Hutabarat, STh melaporkan kegiatan dan peserta natal yaitu seluruh umat Kristiani se Kabupaten Padang Lawas yang tergabung dalam wadah Badan Kerjasama Antar Gereja berjumlah lebih dari 1000 orang.


Sementara, Kakan Kemenag Kabupaten Padang Lawas, H. Abdul Manan, MA menyampaikan tiga pesan penting Natal Oikumene Tahun 2022.


Pertama, Modernisasi beragama yaitu cara dan sikap Padang penganut beragama dalam memahami nilai-nilai inspirasi yang disebut ajaran agama. Nilai inspirasi beragama salah satunya adalah harus ada nilai toleran diantar umat beragama, diantara umat seagama bahkan nilai toleran diantara umat beragama dengan pemerintah.


Kedua, Tahun kerukunan dalam pengertian ko septial yaitu seluruh umat beragama harus bisa memahami nilai-nilai agamanya dan menuntun umatnya untuk menjaga kerukunan dan tidak terpecah belah dalam menjalankan agamanya.


Yang ketiga, Menumbuhkan semangat bangga dengan ajaran agama yang dianut, ujuarnya.


Hadir dalam acara Natal Oikumene BKAG Tahun 2022, Waka Polres, Kompol. JW. Sijabat, SH, Inspektur Inspektorat Palas, Hurjusril Fahri Siregar, Kadispora, M. Rasyid Hasibuan, Kadis PU, H. Muhammad Yani, Plt. Kadis PMD, M. Faisal Amrin Siregar, Kakan Kesbangpol, Alhaji Alamsyah, Pabung 0212/TS, Kapolsek Sos, AKP. Haposan Harahap, perwakilan Koramil 09 Sosa, Para Pendeta se-Padang Lawas, Pengkotbah Pdt. Toho Sinaga, STh dari Kantor Pusat HKBP Tarutung, jemaat dari dominasi gereja- gereja se-Palas, Ormas Pemuda Batak Bersatu, GAMKI. 

(YM 298).





Kedua