Surakarta, [ bhayangkara news id ] Jawa Tengah – Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo menghadiri dan mengikuti kegiatan jalan sehat Porseni NU yang dibuka secara resmi oleh Presiden RI Ir. Joko Widodo di Surakarta, Jawa Tengah, Minggu (22/01/2023).

“Saya mengikuti jalan sehat peringatan 1 abad NU yang juga dihadiri Presiden Joko Widodo dan masyarakat di penjuru negeri,” kata Kapolri melalui akun Instagramnya, @ListyoSigitPrabowo, seperti dikutip Selasa, (24/1/2023).

Menurut Kapolri, jalan sehat menuju 1 abad NU telah mengajarkan tentang kuatnya peran warga NU dalam menjaga NKRI. Selain itu, bisa juga merasakan betapa indahnya toleransi dalam memperkuat persatuan dan kesatuan.

“Kegiatan ini juga menunjukkan bahwa keberagaam Indonesia merupakan anugrah yang harus kita jaga. Dengan persatuan, kesatuan, kita akan mampu melewati segala tantangan bangsa,” tegas Kapolri.

Adapun kegiatan jalan sehat Porseni NU tersebut start di Depan gapura Mangkunegaran, dan finish di depan pasar Triwindu.

Presiden Joko Widodo mengibarkan bendera start dengan mengucapkan selamat menjalankan jalan sehat , dan beliau mengikuti jalan sehat sejak dari awal start hingga sampai akhir.

Pada saat membuka jalan sehat tersebut ditandai dengan pengibaran bendera start oleh Presiden Joko Widodo tampak ditemani oleh ibu negara Iriana Joko Widodo.

Jalan sehat sepanjang 3 kilometer dengan start dan finish di Puro Mangkunegaran tersebut, dalam rangka memperingati satu abad Nahdlatul Ulama yang diperingati pada 16 Rajab 1444.

Adapun Rute Gerak Jalan Sehat Menuju 1 Abad NU yakni start di depan Gapura Pamedan Pura Mangkunegaran – JI. Ronggowarsito – Jl. Wora-Wari – JI. Drenges III – JI. Dr Sutomo – Jl. Selamet Riyadi – Jl. Diponegoro dan finish di depan Pasar Triwindu.

Selain Kapolri, Hadir Ketua Umum PBNU, Yahya Cholil Staquf, Menkopolhukam Mahfud MD, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua DPR RI Puan Maharani, Menpora Zianuddin Amali, Kapolda Jateng Irjen.Pol. Drs. Ahmad Luthfi serta Pangdam IV / Diponegoro Mayjend TNI Widi Prasetijono.***

H048