SERANG [ bhayangkaranew.id ], Polres Serang, Polda Banten mengadakan inovasi kegiatan pertemuan dengan masyarakat bertajuk “Jumat Curhat” untuk mendengarkan keluh kesah masyarakat secara langsung maupun saran dari masyarakat.

Kapolres Serang AKBP Yudha Satria, SH., S.Ik yang didampingi Wakapolres Serang Kompol Rifki Seftirian, S.Ik., MH dan Kabag Ops Polres Serang AKP H. Joko Pituturno, SH beserta Pejabat Utama Polres Serang melakukan pertemuan dengan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) yang ada di Kecamatan Pontang di Aula Puskesmas Kecamatan Pontang dengan tajuk pembicaraan "Jum'at Curhat".

Kapolres mendengarkan beragam keluhan yang disampaikan petani, mulai dari pertanian, akses mendapat pelayanan kepolisian hingga permasalahan yang ada di desanya, Jumat (20/1/2023) siang.
Kapolres Serang menjelaskan bahwa kunjungan ini akan rutin dilaksanakan setiap hari jumat, yaitu turun langsung ke wilayah untuk mendengarkan curhatan warganya. Hal ini rutin dilaksanakan agar Kepolisian mengetahui informasi maupun aduan langsung dari masyarakat yang harus bisa segera ditindaklanjuti.

“Kami turun langsung untuk ngobrol dengan masyarakat. Untuk mengetahui informasi yang berkembang di masyarakat, atau menerima aduan yang bisa segera ditindaklanjuti. Jika berkaitan dengan instansi lain, kami akan berkoordinasi untuk mencarikan solusinya,” kata AKBP Yudha Satria. 

Dari sejumlah aspirasi yang ditampung, banyak masyarakat yang mengapresiasi kegiatan Jumat Curhat yang dilakukan Polres Serang dan menyampaikan permasalahan yang ada di desanya. Dan ini tidak hanya dilakukan oleh Polres saja, namun para Kapolsek jajaran juga turun langsung melakukan hal yang sama.

Ditambahkan Kapolres, lewat inovasi tersebut pihaknya bisa betul-betul mengetahui kondisi masyarakat di lapangan. Kemudian, menurutnya hal itu bakal menjadi acuan untuk meningkatkan Pelayanan Kepolisian. Sehingga menurutnya selain mendengarkan aspirasi, menurutnya kegiatan tersebut juga bisa sekaligus menjembatani pihak kepolisian dalam mengedukasi masyarakat.

“Melalui kegiatan seperti ini kami dapat menerima segala informasi yang ada. kami akan rutinkan turun langsung setiap hari jumat untuk datang dengan Jumat Curhat. Kami juga membuka nomor aduan kepada masyarakat langsung melalui nomor whatsapp saya selaku Kapolres Serang, jika ada aduan bisa hubungi nomor 081255122002,” imbuhnya.

Rokhimi masyarakat Kecamatan Pontang mengapresiasi program Jumat Curhat dari Kapolres Serang ini, karena sangat berguna bagi masyarakat untuk menyampaikan informasi dan aduan secara langsung

“Terima kasih pak Kapolres yang telah datang langsung ke tempat kami, kami sangat mengapresiasi kedatangan pak Kapolres, kami berharap kedatangan bapak dapat membawa kebaikan untuk kita semua,” kata Rokhimi.

Biro, mashudi