Kediri (25/1).  -bhayangkaranews- Kapolres Kediri Kota AKBP Teddy Chandra, S.I.K, M.Si melakukan silaturohim ke Ponpes Wali Barokah Kota Kediri, Rabu (25/1). Kegiatan silaturohim ini dalam rangka perkenalan sebagai pejabat baru di lingkungan wilayah hukum Polres Kediri Kota kepada tokoh agama dan masyarakat.


Ikut menyambut kunjungan Kapolres Kediri Kota antara lain Ketua Ponpes Wali Barokah Drs. H. Sunarto, M.Si, Ketua DPD LDII Kota Kediri H. Agung Riyanto, S.Si, Ketua HDCI Kediri Raya H. Achwad, serta beberapa pengurus lain.


“Saya bersama PJU sowan ke Ponpes Wali Barokah dalam rangka perkenalan dan menjalin silaturahmi untuk meningkatkan sinergitas dalam rangka pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas),” kata AKBP Teddy Chandra.


AKBP Teddy menilai kunjungan ke tokoh-tokoh agama sangat penting dilakukan, mengingat peran sentral tokoh agama sangat dia perlukan dalam menjalankan amanah sebagai Kapolres di wilayah hukum Kota Kediri. “Ponpes Wali Barokah sebagai lembaga pendidikan dan LDII sebagai lembaga dakwah ini diharapkan dapat bersinergi dan bersatu dengan aparat kepolisian dalam memberikan edukasi masyarakat, sehingga berdampak pada kamtibmas di Kota Kediri yang sudah dikenal dengan kota yang harmoni dan kondusif,” kata AKBP Teddy.


H. Sunarto menyambut baik kunjungan Kapolres Kediri Kota. Atas nama keluarga besar pondok dan jajaran pengurus DPD LDII Kota Kediri, H.Sunarto menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih atas kunjungan Kapolres. “Ponpes Wali Barokah punya hubungan yang sangat baik dengan Polres Kediri Kota, terutama saat pandemi Covid-19 kemarin, kami sangat terbantu dengan pelaksanaan vaksinasi yang diadakan Polres,” kata H.Sunarto.


Ia menegaskan Ponpes Wali Barokah selalu siap bersinergi dengan jajaran kepolisian dan stake holder yang lain dalam rangka menjaga kamtibmas di Kota Kediri, apalagi sebentar lagi Bandara Kediri akan beroperasi. “Hal ini menjadi tugas dan tantangan kita bersama untuk menjaga agar Kota Kediri bisa selalu aman dan semakin maju,” ujar H.Sunarto.


Pondok Pesantren Wali Barokah Kota Kediri yang merupakan salah satu Pondok Pesantren di bawah naungan LDII dan secara teknis operasional di bawah kendali Yayasan Wali Barokah. Di dalam melaksanakan kegiatannya senantiasa mengacu pada program kerja yang telah disusun berdasarkan Undang-undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren dan Program Kontribusi LDII Untuk Bangsa dan Negara.


Fungsi pesantren sebagaimana tertuang dalam Undang-undang Pesantren, Pondok Pesantren mengemban fungsi pendidikan, dakwah, dan pemberdayaan masyarakat. Sedangkan program kontribusi LDII untuk bangsa dirumuskan ke dalam 8 (delapan) Cluster, yang meliputi: (1). Wawasan Kebangsaan; (2). Pendidikan Karakter; (3). Keagamaan dan Dakwah; (4). Ekonomi Syariah; (5). Ketahanan Pangan dan Lingkungan Hidup; (6). Kesehatan dan Obat Herbal; (7). Teknologi Informasi; (8). Energi Baru Terbarukan. “Khusus untuk program yang ke delapan ini, pesantren kami sejak tahun 2018 alhamdulillah telah mengembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop Hybride dengan kapasitas 225 KW, disamping juga memanfaatkan PLTS Rooftop bantuan dari Kementerian ESDM dengan kapasitas 25 KW,” tambah H.Sunarto.


Ketua DPD LDII Kota Kediri H.Agung Riyanto mengatakan, LDII siap bekerja sama dengan Polri dalam menjaga kamtibmas. LDII Kota Kediri yang membawahi 3 PC dan 25 PAC akan terus menjalin komunikasi dengan kepolisian sampai tingkat kelurahan. “Insya Allah bulan depan kami akan silaturahim balasan ke Kapolres Kediri Kota melaksanakan program kerja tahunan, yaitu silaturahim ke jajaran Forkopimda,” kata Agung.