TANGGAMUS- bhayangkaranews.id  - Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Kotaagung  laksanakan kegiatan gotong royong bersama, kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan rutin guna menjaga kebersihan lingkungan atau halaman Lapas Kotaagung.


Kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan kali ini mengerahkan sebanyak 20 WBP Lapas Kotaagung dan diawasi oleh Staf KPLP dan Petugas Jaga yang dilakukan di di beberapa titik, antara lain lapangan upacara, halaman sekitar Aula Besar, dan pekarangan hingga atap-atap Blok Hunian WBP. 


Kepala KPLP Lapas Kotaagung, Gusvendra Priambogo mengatakan bahwa kegiatan gotong royong ini tak hanya sekadar menjaga kebersihan dan keasrian di lingkungan Lapas Kotaagung, melainkan memiliki tujuan sebagai upaya pencegahan tertularnya para WBP maupun petugas dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kotor.


"Selain itu, adapun tujuan lainnya dari gotong royong ini adalah terciptanya lingkungan yang terbebas dari sampah dan polusi lainnya serta lebih enak dipandang. Dengan demikian, petugas lebih fokus dan bersemangat dalam menjalankan tugas sehari-hari sehingga kinerja semakin meningkat dan juga Warga Binaan Lapas Kotaagung juga dapat lebih tenang dan nyaman menjalani masa pembinaan", sambung Gusvendra.


Kepala Lembaga Pemasyarakatan kelas IIB Kotaagung, Beni Nurrahman, dalam perintah harian kepada Petugas Lapas Kotaagung, menyatakan bahwa menjaga kebersihan dan kenyamanan lingkungan Lapas adalah sebuah kewajiban yang harus dilakukan rutin setiap hari. 


“Tak hanya hari tertentu dan pada kegiatan gotong royong saja, tetapi juga harus membersihkan lingkungan sekitar Lapas setiap hari sehingga kebersihan tetap terjaga. Jadikan ini sebagai kebiasaan baik, mulai dari buang sampah pada tempatnya”, tegas Beni. (TOMI )