Kab CIAMIS[ bhayangkara news id ]Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra hadiri pelantikan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Ciamis, pada Rabu (04/01/2023) bertempat di Aula Ahmad Dahlan Stikes Muhammadiyah Ciamis.

Pelaksanaan pelantikan PPK ini merupakan bagian dari tahapan menuju pelaksanaan Pemilu serentak nanti tahun 2024 yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Ciamis.

Panitia Pemilihan Kecamatan yang dilantik berjumlah 135 orang, berasal dari 27 kecamatan di Kabupaten Ciamis.
Masing-masing kecamatan memiliki 5 orang PPK yang akan menjadi panitia untuk melaksanakan semua tahapan penyelenggaraan Pemilu di tingkat kecamatan.

Mengawali sambutannya, Wabup Yana menyampaikan ucapan selamat kepada para PPK dan mengamanatkan agar Pemilu serentak 2024 nanti harus dilaksanakan sesuai dengan regulasi.

“Kami atas nama pemerintah dan secara pribadi, mengucapkan selamat kepada bapak ibu yang baru saja dilantik menjadi anggota PPK,” ucap Wabup Yana.

“Pemilu serentak nanti Insha Allah berjalan dengan lancar dengan cara menjalankan regulasi dan melaksanakan sumpah yang telah dilakukan,” tambahnya.

Lanjut beliau juga membahas tentang pembiayaan PPK yang paling mendasar yaitu salah satunya honor dan fasilitas di sekretariat PPK yang juga merupakan tanggung jawab pemerintah daerah selain dari KPU pusat, provinsi dan kabupaten/kota.

“Perihal pembiayaan atau fasilitas kesekretariatan di masing-masing kecamatan, segera akan kami rapatkan dengan para Camat se-Kabupaten Ciamis dan akan kami realisasikan sesuai kemampuan daerah,” jelas Wabup.

“Semua itu kami lakukan, selain menjadi tanggung jawab kami tetapi juga demi terlaksananya Pemilu yang berkualitas,” tambah Wabup.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Wabup Yana mengucapkan selamat kepada para PPK yang baru saja dilantik.

“Selamat kepada bapak ibu semuanya yang baru saja dilantik dan menjadi penyelenggara yang berintegritas,” pungkas Wabup Yana.

Sementara itu Ketua KPU Kabupaten Ciamis menerangkan bahwa “pada hari ini, KPU kabupaten/kota se-Indonesia melaksanakan pelantikan PPK sebagai tanda kesiapan dalam penyelenggaraan Pemilu serentak nanti,” terangnya.

“Dengan telah dilantiknya PPK, bahwa KPU Kabupaten Ciamis telah siap berbagi peran, berbagi tugas sesuai regulasi yang berlaku,” terang Sarno. 

Turut hadir pada acara tersebut, Unsur Forkopimda, para Camat, para Kapolsek, Danramil se-Kabupaten Ciamis.

Hb048