Suasana pelantikan PPS Kabupaten Minsel oleh ketua KPU Rommy Sambuaga, yang dihadiri oleh Bupati Minsel Franky Donny Wongkar.

MINSEL - bhayangkaranews.id - Memasuki tahun persiapan untuk pemilihan umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 nanti, segala tahapan persiapan baik pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten pun mempersiapkan daerahnya masing masing.




Hal tersebut terlihat dengan persiapan pembentukan hingga pelantikan panitia pemungutan suara saat ini.


Begitu juga di kabupaten Minahasa Selatan, seperti halnya daerah lain, persiapan panitia pemungutan suara pun sudah di bentuk dan di lantik.


Selasa 24 Januari 2023, bertempat di Aula Waleta kantor Bupati Minahasa Selatan (Minsel), bupati Franky Donny Wongkar SH, hadir dalam acara pelantikan Panitia Pemungutan Suara (PPS) dari 167 desa ditambah 10 kelurahan pada 17 kecamatan yang ada di kabupaten Minsel.



Dalam kesempatan ini juga, Komisi Pemilihan Umum (KPU), melaksanakan Pengambilan Sumpah Janji dan Pelantikan kepada 531 Anggota Panitia Pemungutan Suara Pemilu 2024 se-Kabupaten Minsel.



Terlihat proses pengucapan sumpah dan janji Anggota PPS Pemilu Tahun 2024 yang dipimpin oleh Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga di saksikan oleh bupati dan jajaran Forkopimda,juga Bawaslu Minsel, 


Acara yang dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara Sumpah Janji Anggota PPS Pemilu Tahun 2024 oleh perwakilan PPS, Rohaniawan, dan Ketua KPU Kabupaten Minsel, serta pembacaan Pakta Itregitas PPS Pemilu Tahun 2024, serta dilanjutkan dengan penandataganan Pakta Intregitas Anggota PPS Perwakilan Anggota PPS.



Saat membawakan sambutan Ketua KPU Minsel Rommy Sambuaga menyatakan bahwa Pelantikan dan Sumpah Janji Anggota PPS merupakan  awal dimulainya masa kerjanya PPS.


"Dengan dilantiknya anggota PPS, juga pengambilan sumpah pada hari ini, maka PPS sudah mulai bekerja, ini adalah awal pekerjaan sebagai Panitia Pemungutan Suara untuk Pemilu tahun 2024 nanti, dan dengan pelantikan ini pula, berarti KPU Minsel menyatakan bahwa KPU sudah siap melaksanakan pemilu tahun 2024 nanti", ucap Rommy.


Menurut Rommy, untuk Desa dan Kelurahan yang ada di 177 Desa dan Kelurahan, ada tiga personil (orang) panitia atau KPPS, itu adalah perwakilan dari KPU di tiap tiap desa, ucap Rommy lagi.


Ada tiga sekretariat di tiap tiap kecamatan, dan 85 personil anggota PPK, jika di jumlah semua ada 136 personil tiap kecamatan, dan saya harapkan, agar semua bisa melaksanakan tugas masing masing sesuai tupoksi, lanjut Rommy.



Dan untuk rincian personil yang ada di desa dan Kelurahan ada 531 Anggota PPS ditambah dengan Staf Sekretariat juga ada 531 Personil, dan kesemuanya total ada1062 Personil untuk di Desa Kelurahan yang menjadi kekuatan kita dalam mensukseskan pemilu nanti, lanjut Rommy lagi.



Ada 1198 Personil untuk kecamatan dan desa/kelurahan, yang nanti juga akan ditambah oleh KPPS, namun pembentukan KPPS, itu nanti menjelang pelaksanaan Pemilu nanti, tutup Rommy.



Bupati Minsel Franky Donny Wongkar SH pun saat memberikan sambutan mengingatkan kepada seluruh anggota PPS untuk pemilu tahun 2024, agar bisa menjaga netralitas dan integritas.


"Saya sebagai Bupati Minsel, mengharapkan para panitia yang sudah dilantik agar dalam bekerja, bisa menjaga netralitas, dan integritas, karena ini penting untuk mensukseskan  Pemilu yang berkualitas sesuai dengan asas langsung umum bebas rahasia jujur dan adil, dan selain itu, Anggota PPS juga harus paham regulasi dan aturan terkait pelaksanaan Pemilu 2024, ucap bupati FDW.


Harus ada jalin komunikasi baik yang baik, antar sesama panitia, dan juga sinergitas dengan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan KPU Minsel, lanjut FDW.


Dan dengan dilantiknya panitia pemilihan umum untuk tahun 2024 nanti, saya ucapkan “Selamat menjalankan tugas dan lakukan yang terbaik untuk mengawal tahapan Pemilu 2024,” tutup FDW.



Robby.