Jakarta.[ bhayangkara news id ]  Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan nama pendek untuk kendaraan taktis produksi dalam negeri yaitu 'maung'.

Sebelumnya, pada Indo Defence 2022 Expo & Forum 2022 lalu, Presiden Jokowi mengutarakan janjinya untuk menamai alat utama sistem persenjataan (alutsista) produk dalam negeri yang diperkenalkan dalam pameran tersebut.

"(Namanya) Maung. Kalau itu (alasannya) tanya Pak Menhan," ucap Presiden Jokowi usai menghadiri Rapat Pimpinan Kementerian Pertahanan Tahun 2023 pada Rabu (18/1/23).

Maung merupakan kendaraan taktis buatan PT Pindad. Presiden Jokowi memecahkan kendi saat menamai jip Maung tersebut, dan dilanjutkan dengan membubuhkan tanda tangan pada kap mesin depan Maung. 

Presiden Jokowi pun mendorong agar Indonesia terus mengambil langkah aktif dalam pengembangan industri pertahanan, mengingat adanya temuan indikasi meningkatnya anggaran pertahanan sejumlah negara dunia, dan kemunculan berbagai teknologi baru di dunia militer.

Dalam peresmian Maung, Presiden Jokowi didampingi oleh Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Panglima TNI Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan para kepala staf angkatan TNI. (D.Skr)
Sbtr. Tribrta
in Nasional
# Nasional Presiden Joko WIdodo
SHARE THIS POST