Serang - bhayangkaranews.id, Wakapolda Banten Brigjen Pol H. M. Sabilul Alif mengikuti Video Conference (Vicon) dalam rangka rapat koordinasi khusus penanggulangan kebakaran hutan dan lahan tahun 2023 yang dipimpin langsung oleh Menkopolhukam Mahfud MD di Ruang Vicon Polda Banten pada Jumat (20/01).


Kegiatan ini diikuti Pejabat Utama Polda Banten dan jajaran Polda serta Forkopimda se Indonesia yang diselenggarakan secara virtual.


Dalam sambutannya Mahfud MD mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran daerah atas kerja kerasnya. "Terima kasih kepada semua pihak dalam penanggulangan kebakaran hutan dan lahan diberbagai daerah selama tahun 2022 sehingga dapat turun 42,9 persen jika dibandingkan tahun 2021," ujar Mahfud.


Mahfud mengatakan jika prediksi BMKG pada tahun 2023 akan lebih kering dibanding tahun 2022. "Saya minta semua daerah siap siaga karena meningkatnya siklus elnino sehingga berpotensi peningkatan kerawanan karhutla," tambahnya.


Menindaklanjuti hal tersebut, Menkopolhukam memiliki beberapa perhatian yang harus dijalankan oleh daerah. "Prioritaskan deteksi dini, identifikasi wilayah yang rawan tebakar, informasikan dan edukasi masyarakat serta kampanye pencegahan, tingkatkan patroli rutin dan lakukan pemadaman secara efektif dan efisien serta kerahkan pasukan pemadam secara terkoordinir oleh satgas," jelas Mahfud.


Diakhir, Mahfud mengungkapkan jika pada bulan Mei sampai September diprediksi merupakan puncak musim kemarau tahun 2023. "Untuk itu saya meminta kepada seluruh stakeholder serta masyarakat meningkatkan kewaspadaan serta bahu membahu dalam upaya menanggulangi karhutla," tutupnya. (Bidhumas)


Red.Amn212