Padang Lawas, bhayangkaranews.id
- Plt. Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt,.MM,.M.Si,.MH menutup acara Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke XIV Tingkat Kabupaten Padang Lawas Tahun 2003, Jumat malam (03/03/23) sekira Pukul 20.30 WIB di Lapangan Bola Bukit Berbunga Desa Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa.



Puji dan syukur mari senantiasa kita panjatkan ke hadirat Allah SWT seraya mengucapkan Alhamdulillah, secara umum seluruh rangkaian kegiatan MTQ tahun ini berjalan dengan dengan sukses dan lancar.


Demikian disampaikan Plt. Bupati Padang Lawas drg. H. Ahmad Zarnawi Pasaribu, CHt, MM,.M.Si,MH mengawali sambutannya pada acara Penutupan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Nasional ke XIV Tingkat Kabupaten Padang Lawas Tahun 2003.


Selanjutnya  Plt. Bupati mengungkapkan sesempurna apapun persiapan kegiatan pasti ada kekurangannya. “Tak ada gading yang tak retak. Tentu, segala kekurangan dari penyelenggaraan MTQ kali ini akan menjadi bahan evaluasi untuk koreksi mengingat Pemerintah Kabupaten Padang Lawas akan menjadi tuan rumah STQH ke XVIII Tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2023, imbuhnya.


AZP juga tidak lupa menghaturkan ucapan terima kasih kepada semua pihak atas terselenggaranya kegiatan ini MTQ dengan baik.


“Mudah-mudahan jerih payah semua panitia, dewan hakim, para kafilah dan seluruh masyarakat yang telah mendukung acara ini, mendapatkan keberkahan dari ini Allah SWT, InsyaAllah.. MTQ ini akan melahirkan generasi emas yang mencintai dan senantiasa berpedoman pada Al Qur’an menuju Kabupaten Padang Lawas negeri yang Baldatun Toyyibatun Warrobbun Ghafur, ungkap Plt. Bupati AZP.


Dalam suasana tersebut, ia juga menyampaikan ucapkan selamat kepada seluruh khafilah yang berhasil meraih prestasi maupun yang belum berhasil.


“Kepada para khafilah yang berprestasi dan juara pada MTQ ke-XIV ini, semoga prestasinya dapat dipertahankan dan terus ditingkatkan. Bagi yang belum meraih prestasi agar jangan berkecil hati, pacu semangat serta asah kemampuan untuk mengikuti lomba MTQ ditahun mendatang,'' imbuh Plt. Bupati.


Kepada para dermawan, yang telah memberikan support hadiah, kiranya menjadi catatan baik di depan Allah SWT. Terima kasih, semoga makin sukses kedepannya, kata Plt. Bupati.


Berdasarkan hasil keputusan dewan juri,  pengumuman sebagai juara umum terpilih Kecamatan Sosa pada MTQ ke XIV Tingkat Kabupaten Padang Lawas Tahun 2023, disusul Kecamatan Barumun kemudian Kecamatan Hutaraja Tinggi.


Sedangkan juara umum bidang Quro’atul Kutub jatuh kepada Kecamatan Sosopan, Juara II Kecamatan Sihapas Barumun dan Juara III Kecamatan Barumun.


Adapun pemenang hadiah 1 paket umroh gratis persembahan Bapak Mukmin Syaiful Daulay bersama AET Travel jatuh kepada Pembaca terbaik Tilawah Dewasa Putri, Siti Bagon Nasution dari Kecamatan Sosa.


Hadiah 1 paket umroh gratis dari AET Travel diberikan kepada Pembaca terbaik Tilawah Dewasa Putra, Pamusuk Pasaribu dari Kecamatan Lubuk Barumun.


2 paket umrah gratis dari Travel Jannah Firdaus diberikan kepada Tahfiz 30 Juz terbaik Putra, Kumpulan Harahap dari Kecamatan Huristak dan Tahfiz 30 Juz terbaik Putri, Nayla Sivah Siregar dari Kecamatan Sosa.


Hadiah 2 paket umrah gratis dari Travel Cahaya Palas diberikan kepada Dewan Hakim Maranaek Rambe dan Elvy Idayani Daulay dan 1 paket umrah gratis dari hamba Allah yang tidak mau disebutkan namanya dipersembahkan kepada Camat Sosa, Asrin Kholid Daulay yang telah berhasil membawa kecamatannya sebagai juara umum MTQ tahun 2023.


Sedangkan pemenang 2 unit sepeda motor dari PT. Bank Sumut Cabang Sibuhuan diberikan kepada pembaca terbaik Tilawah Remaja Putra Amsar Ahmadi Pulungan dari Kecamatan Sosa dan pembaca terbaik Tilawah Remaja Putri Isroyanti Siregar dari Kecamatan Sosa.


1 unit sepeda motor dari PT KAS diberikan kepada peraih terbaik tafsir Al Qur’an Bahasa Arab terbaik Putri Mikhrohani Siregar dari Kecamatan Sosa, 1 unit sepeda motor dari PT Karya Nyata Jaya Raya diberikan kepada penghapal hadist 500 terbaik Putri, Linni Marito Simanjuntak dari Kecamatan Barumun serta 1 unit sepeda motor dari CV. Raudah Sosa diberikan kepada penghapal hadist 500 terbaik Putra, Muhammad Akhiruddin Nasution dari Kecamatan Hutaraja Tinggi.


Sementara itu berdasarkan hasil rapat evaluasi pelaksanaan MTQ ke XIV Tingkat Kabupaten Padang Lawas Tahun 2023 di Kecamatan Sosa. Lembaga Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Padang Lawas merekomendasikan Kecamatan Ulu Sosa sebagai  penyelenggara/tuan rumah pelaksanaan MTQ ke XV Tingkat Kabupaten Padang Lawas Tahun 2024. (YM-298/ humas).